DLH Boltim Lakukan Uji Sampel Kualitas Air Sumur di Wilayah Bulawan

0
48

BOLTIM,DETOTABUAN.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mulai melakukan uji sampel kualitas air sumur di wilayah Bulawan, Kamis (17/10) kemarin.

Dengan beranggotakan 4 orang personil, Tim Teknis Pemantauan DLH, mengambil sampel di 4 sumur berbeda yang tersebar di wilayah Bulawan.

Reza Pahlevi, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran DLH Boltim, yang sekaligus memimpin tim pemantauan tersebut mengatakan, Keempat sumur tersebut merupakan sumur yang dipergunakan bersama oleh warga guna keperluan MCK.

“Kami bekerja sama dengan laboratorium WLN Indonesia, melakukan uji laboratorium terhadap sampel air sumur warga, setelah hasilnya keluar, akan kita ketahui, apakah sumur warga disini memenuhi syarat untuk MCK atau tidak,” terangnya.

Lebih lanjut kata dia, data hasil uji laboratorium tersebut, akan diolah dalam bentuk perhitungan status mutu air dengan metode indeks pencemaran sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 115 Tahun 2003 tentang Pedoman Penentuan Status Mutu Air.

“Penetapan status mutu air merupakan tahapan yang penting dalam rangka pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air, karena akan menjadi titik tolak untuk pelaksanaan suatu program/kegiatan selanjutnya,” terangnya.

Ia menjelaskan, dalam Pasal 30 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran, disebutkan bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan informasi mengenai status mutu air dan pengelolaan kualitas air serta pengendalian pencemaran air.

“Maka dari itu, status mutu air juga merupakan hak masyarakat yang harus diakomodir,” tutupnya.

(Hendri)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.