Yasti Sambut Baik Kedatangan Investor di Bolmong

0
356

ADVETORIAL

BOLMONG,DETOTABUAN.COM Pemerintahan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati (Wabup) Yanny R Tuuk patut diacungi jempol. Pasalnya, berbagai terombosan terus dilakukan bahkan terbukti untuk memajukan daerah lumbung beras ini.

Buktinya, kebali ada sejarah baru tercipta di Kabupaten Bolmong. Di masa kepemimpinan Yasti, kawasan industri khusus dipastikan hadir di Bolmong. Kawasan tersebut bernilai USD 2 miliar, dibangun di atas lahan 1500 hektare.

Ratusan pabrik akan dibangun dan diperkirakan menyerap ribuan tenaga kerja. Pabrik yang dibangun adalah industri hulu hingga diprediksi bakal mendorong ekonomi kawasan. Bupati Yasti pun menyambut baik kedatangan investor di Bolmong.

Buktinya, Penandatangan MOU kawasan industri khusus tersebut berlangsung pada hajatan Archipelagic and Island State (AIS) di Manado, Kamis (3I/10). Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menyaksikan MOU antara PT Kawasan Industri Mongondow (KIM) dan Dongjin Technology selaku pengelola kawasan tersebut.

Di hadapan anggota Forkopimda dalam pertemuan Rabu (30/10), Yasti sempat membeber, investor Cina yakni Dongjin Technology dibawa oleh Menko Luhut Panjaitan. “Akan ada ratusan pabrik dibangun,” katanya.

Rabu itu juga, Yasti bertemu dengan Elizabeth Sindoro, salah satu pemilik PT Paramount Enterpraise. PT Kawasan Industri Mongondow (KIM) adalah anak perusahaan dari PT Paramount.

Elizabeth sendiri masuk lima wanita terkaya di Indonesia. Impian Yasti agar Bolmong menjadi kawasan industri hulu terwujud. “Saya ingin agar Bolmong jadi daerah industri hulu,” kata dia.

Kaban Bappeda Bolmong Yarlis A Hatam menyatakan, kawasan industri itu meliputi Desa Diat, Solog dan Tuyat. Lanjutnya, kawasan industri tersebut bergerak di hilir dalam arti mengolah bahan baku. “Jadi, industri di sana seperti tekstil, properti dan lainnya,” Jelasnya.

Tahap selanjutnya, adalah pariwisata. PT KIM akan membangun hotel di kawasan pulau tiga. Kata dia, pembangunan akan dimulai tahun ini juga. “Akan dibangun pabriknya dulu,” katanya. (Ind/Adve)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.