Hebat, Bolmong Raih Penghargaan Kabupaten Sehat

0
61

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), terima penghargaan Swasti Saba Padapa yang merupakan penghargaan untuk Kabupaten/Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kabupaten Bolmong sendiri adalah satu diantara 60 Kabupaten Kota yang lolos se Indonesia. Penghargaan untuk pertama kali tersebut diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan yang mewakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, di Ruang Sasana Bakti Praja Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jln. Medan Merdeka Utara No.7, RT.5/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (19/11).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong, Sahara Albugis, penghargaan Swasti Saba merupakan penilaian Kabupaten sehat oleh Kemenkes dan Kemendagri yang berfokus pada adanya proses dan upaya perbaikan kesehatan melalui partisipasi masyarakat yang terorganisir, melalui Forum Kabupaten Sehat, Forum Kecamatan Sehat dan Forum Desa Sehat, serta dukungan sektor terkait.

“Iya, sangat bersyukur dengan Kabupaten Bolmong yang boleh menerima penghargaan ini. Adapun yang menjadi salah satu indikator penilaian atau verifikasi lapangan yakni berupa sarana prasarana kesehatan, kemudian kesehatan pemukiman penduduk,” kata Albugis.

Dijelaskan, penghargaan Swasti Saba terbagi dalam tiga tingkatan, yakni tingkat Pemantapan (Padapa), Pembinaan (Wiwerda) dan Pengembangan (Wistara). Untuk Kabupaten Bolmong sendiri, yang diikuti program Kabupaten sehat tingkat pertama atau tingkat Padapa.  “Program Kabupaten/Kota Sehat tingkat pertama atau tingkat Padapa adalah program yang diikuti oleh Kabupaten Bolmong,” jelasnya.

Ia menambahkan, jika masalah kesehatan penyebabnya sangat multi kompleks, dan mempunyai skor yang tinggi jika diselesaikan secara terpadu antara pemerintah dan masyarakat. “Jadi, meski mendapatkan predikat kabupaten sehat, kasus orang sakit, masalah gizi buruk, keracunan, dan lain-lain bukan berarti tidak lagi terjadi. Namun bagaimana penanganan yang memadai dan adanya konsep yang terpadu serta terorganisir antara Pemerintah dan masyarakat serta didukung legal aspeknya melalui regulasi di tingkat lokal/Kabupaten,” tambahnya.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny R Tuuk, Sekda Tahlis Gallang, OPD terkait dan seluruh stakeholder serta tim forum Kabupaten Sehat yang telah mengsupport dan turut peran aktif sehingga Kabupaten Bolmong bisa mendapatkan penganugerahan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat tahun 2019. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.