Pelamar CPNS di Bolmong Harus Bersabar, Pendaftaran Bergeser

0
146

BOLMONG,DETOTABUAN.COM Pengumuman penetapan kebutuhan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil Negara (CPNS) tahun 2019 di lingkup Pemerintah Kabupate (Pemkab) Bolaang Mongodow (Bolmong) mulai diumumkan Senin (11/11). Namun, para calon pelamar harus bersabar dulu.

Pasalnya, pendaftaran yang dipastikan dibuka bersamaan, nyatanya bergeser dari jadwal yang ada. Hal yang sama juga dialami Pemkab Bolmong untuk penerimaan calon abdi negara tahun ini.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bolmong Umaruddin Ambah melalui Kepala Bidang Mutasi dan Pengembangan Suipto Tubuon mengatakan, dalam hal ini, tanggal 11 November itu merupakan perencanaan. “Iya, dalam surat dari KemenPAN-RB berisi rencana. Jadi tak harus di tanggal tersebut,” kata Suipto.

Dijelaskan, calon pendaftar yang ingin mengadu nasib di penerimaan formasi CPNS Kabupaten Bolmong belum bisa menginput data kelengkapannya. Alasannya, dia menuturkan bahwa portal sscn.bkn.go.id, situs pendaftaran yang telah disediakan pemerintah itu, belum bisa mengakses formasi kebutuhan Pemkab Bolmong.

“Jadi di situs itu, kalau kita melihatnya dalam daftar daerah, belum tercantum kebutuhan dari Pemkab Bolmong untuk tahun ini,” tutur dia.

Menurut dia, hal ini karena menunggu validasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dari formasi yang ada. “Nah kita tinggal menunggu jadwal tayang dari BKN Regional IX Manado. Kalau sudah divalidasi, akan ada pemberitahuan ke kami, dan calon pendaftar sudah bisa mengakses pelamaran di Pemkab Bolmong lewat situs yang disediakan,” jelas dia.

Dikatakannya, hal ini bukan hanya terjadi di Bolmong, tapi sebagian besar daerah lainnya. “Karena BKN tugasnya harus memverifikasi usulan syarat umum dan khusus yang kita ajukan. Dan masing-masing daerah beda usulannya,” pintanya.

Bergesernya jadwal pendaftaran CPNS Bolmong tahun 2019, tidak menggeser jumlah hari pada kesempatan yang diberikan pemerintah. “Artinya jika sudah diakses tanggal sekian, maka dia berlaku surut,” ucapnya.

Untuk itu, Suipto meminta para calon pendaftar agar bisa menyiapkan segala syarat kelengkapan umum sebelum dibuka link resminya dari BKN. “Agar nanti saat dibuka, tak lagi banyak disibukkan dengan kelengkapan berkas. Terutama syarat umum berupa pas foto, ijazah, transkrip nilai, KTP, dan STR untuk tenaga kesehatan,” urainya.

Diketahui, secara umum pemerintah sudah membuka pendaftaran CPNS tahun 2019 di kemeterian, lembaga hingga daerah lewat link sscn.bkn.go.id. Namun, sebelum melakukan pendaftaran, masyarakat diharapkan terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang tertuang pada portal SSCASN.

Jika pelamar menemui masalah atau kurang memahami penjelasan yamg tersedia, silakan buka kanal Frequently Asked Question (FAQ) dalam portal yang menyediakan jawaban atas persoalan yang umumnya menjadi kendala pelamar.

Dalam portal SSCASN juga ditayangkan daftar formasi CPNS yang mencakup nama instansi, jabatan, lokasi, pendidikan, jenis formasi, dan jumlah formasi.

Selain layanan FAQ, portal SSCASN juga menyediakan layanan helpdesk daring yang dapat dijadikan sebagai media pengaduan. Selain itu, mulai 11 November 2019 BKN membuka layanan helpdesk luring (offline) di Kantor Pusat BKN, Jalan Mayjend Sutoyo No. 12 Jakarta Timur dan Kantor Regional BKN yang akan memberikan solusi jika kendala pelamar tidak terselesaikan melalui penjelasan FAQ dan helpdesk daring.

Pendaftaran online sendiri diagendakan akan dibuka sampai dengan 24 November 2019, yang dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi pada 16 Desember. Masa sanggah terhadap hasil seleksi administrasi dibuka 16 – 19 Desember dan kemudian dilanjutkan dengan pengumuman masa sanggah pada 26 Desember.

Bagi pelamar yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada Seleksi Administrasi akan diberikan waktu sanggah maksimal 3 (tiga) hari pascapengumuman dan instansi diberikan waktu maksimal 7 (tujuh) hari untuk menjawab sanggahan tersebut.

Guna menghindari terjadinya ketidakpuasan dalam putusan hasil seleksi administrasi yang diterbitkan instansi, pelamar diimbau untuk mempersiapkan dokumen-dokumen dengan baik dan hanya mengunggah dokumen yang sesuai dengan persyaratan. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.