Rekrutmen Panwascam Ditutup, 151 Warga Bolmong Daftarkan Diri Awasi Pilgub Sulut 2020

0
237
Tim Pokja Bawaslu Bolmong, melayani para pendaftar. (Foto: Indra S. S. Ketangrejo)

BOLMONG,DETOTABUAN.COM Pemasukan berkas pendaftaran bakal calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), resmi ditutup, Selasa (3/12), tepat pukul 24.00 malam.

Sedikitnya, 151 warga Kabupaten Bolmong telah resmi mendaftarkan diri  untuk pengawasi pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulut, yang akan berlangsung tahun 2020 mendatang.

Pantauan Detotabuan.com, sejak rekrutmen Panwascam ini dibuka oleh Bawaslu Bolmong dimulai 27 November lalu, antosias warga untuk mendaftarkan diri di Sekretariat Bawaslu Bolmong, Desa Lalow, Kecamatan Lolak, sangat tinggi. Bahkan, sampai penghujung waktu akan ditutupnya pendaftaran, masih terdapat sejumlah warga yang memadati Sekretariat Bawaslu Bolmong untuk mendaftar.

Tim kelompok kerja (Pokja), juga terus berupaya maksimal melayani para pendaftar. Hal itu terlihat saat pendaftar memasukan berkas dengan kompak dan kerja tim mereka langsung memeriksa kelengkapan berkas dan memberikan solusi untuk segera melengkapi berkas yang dianggap kurang untuk dilengkapi sebelum waktu penutupan pendaftaran.

Komisioner Bawaslu Bolmong Erni Mokoginta Divisi SDM, Organinasi, Data dan Informasi mengatakan pendaftaran calon Panwascam secara umum telah dibuka mulai 27 November sampai dengan 3 Desember 2019. Menurutnya, pihaknya sudah maksimal memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait rekrutmen Panwascam ini.

BACA JUGA: Perekrutan Panwascam di Bolmong Resmi Dibuka, Hari Pertama Sudah Sembilan Pendaftar

“Hingga waktu pendaftaran ditutup, tercatat ada 151 calon peserta resmi memasukan berkas pendaftaran, selanjutnya kita akan lakukan penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi,” ungkap Mokoginta.

Meski begitu kata dia, dari 15 kecamatan yang tersebar di 200 desa dan dua kelurahan di Kabupaten Bolmong, 12 kecamatan diantaranya sudah memenuhi kuota bahkan pendaftarnya lebih. Sementara tiga kecamatan lainya, belum memenuhi kuota masing-masing Kecamatan Bolaang Timur, Dumoga Barat, dan Dumoga Tenggara.

“Sesuai dengan petunjuk teknis perkecamatannya minimal enam pendaftar. Jadi, kalau tidak memenuhi kuota, akan dibuat perpajangan waktu pendaftaran, sesuai jadwal perpajangan waktu kita akan laksanakan pada tanggal 6 sampai 10 Desember khusus untuk tiga kecamatan yang belum memenuhi kuota, berharap dengan adanya perpanjangan waktu ini kuoata bisa terpenuhi,” harapnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Bolmong Pangkerego Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Antar Lembaga, mengatakan sangat bersyukur dengan hasil ini, kali ini tingkat daya minat pendaftar calon panwascam meningkat dibandingkan dengan pemilu sebelumnya. “Tentunya kami dari Bawaslu Bolmong berterima kasih kepada masyarakat Bolmong yang telah mendaftarkan diri meskipun statusnya baru sebatas calon,” ucapnya.

Ditambahkan, ada tahapan yang harus dilalui dalam proses seleksi ini, apalagi ada tiga kecamatan yang peminatnya baru lima orang di masing-masing kecamatan, sehingga dalam verifikasi berkas akan diumumkan berdasarkan kriteria dan persyaratan berdasarkan ketentuan sebagaimana diatur dalam surat keputusan Bawaslu Nomor 0883/K.BAWASLU/KP.01.00/X/2019 tentang pelaksanaan pembentukan Panwas Kecamatan.

“Dari hasil verifikasi berkas selanjutnya akan diputuskan diperpanjang atau tidaknya tergantung pada kuota pendaftaran di tiap kecamatan jika terdapat kecamatan yang tidak memenuhi kuota maka akan diperpanjang maksimal 5 hari untuk memenuhi keterpenuhan kuota pendaftaran,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Bolmong Jerry S. Mokoolang Divisi Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Senketa, mengimbau kepada calon Panwascam yang sudah mendaftar agar mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian Computer Assisted Test (CAT) yang nanti di laksanakan diantara tanggal 13-17 Desember 2019 mendatang.

“Silahkan persiapkan diri masing-masing, supaya bisa menapatkan hasil yang maksimal dan sesuai yang diharapkan. Intinya, Bawaslu Bolmong sangat memerlukan putra-putri terbaik di Bolmong untuk bersama-sama melakukan pengawasan Pilgup 2020 mendatang. Sesuai dengan tujuan kita bersama rakyat sama-sama kita awasi peimilu bersama Bawaslu kita tegakkan keadilan pemilu,” tutupnya sembari menambahkan, suksesnya Pilgub Sulut kedepan tidak lepas dari peran kita bersama. (Ind)

Berikut Rekapan Jumlah Pendaftar Calon Panwascam Bolmong: 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.