DPRD Boltim Gelar Reses Serap Aspirasi Masyarakat

0
98

BOLTIM, DETOTABUAN.COM – Setelah sebelumnya telah menggelar Reses masa sidang pertama tahun 2020 Dapil I di Kecamatan Kotabunan, Tutuyan dan Motongkad, siang tadi, Kamis (23/1/20) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) lakukan penyerapan aspirasi masyarakat di Kecamatan Nuangan. Bertempat di Kantor Kecamatan Nuangan.

Camat Nuangan Sinyo Mamonto saat menyampaikan sambutan kepada seluruh peserta Reses bahwa, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk penyampaian kebutuhan-kebutuhan masyarakat kepada anggota DPRD.

“Disinilah wadahnya. Sampaikan aspirasi dan kebutuhan bapak ibu sekalian kepada DPRD. Jangan sampai berbicara dibelakang hari namun bukan pada forum resmi seperti ini. Dan semoga apa yang diusulkan masyarakat se Kecamatan Nuangan agar bisa ditindaklanjuti sesuai kebutuhan,” ujar Sinyo Mamonto membuka Reses.

 

Anggota DPRD Boltim Sunarto Kadengkang pada kesempatan itu menerangkan, Reses kali ini telah menghadirkan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Kata dia, apa yang belum terakomodir, agar disampaikan hari ini. “Disini juga saya mengingatkan kepada seluruh peserta Reses, bahwa forum ini bukan untuk adu argument, jangan sampai berdebat. Sampaikan aspirasi anda secara sopan dan santun,” ucap politisi Perindo ini.

Ia menambahkan, tujuan dari acara ini agar DPR bisa bersinergi dengan masyarakat. Tujuan akhir dari semua ini adalah untuk mengasilkan sistem pelayanan dan pelaksanaan yang baik sesuai dengan undang-undang.

“Wajib hukumnya untuk melaksanakan Reses. Kenapa kami lakukan? Karena tidak semua masyarakat dapat mendatangi Gedung DPRD. Sehingga itu kami turun menyerap, menampung, menindaklanjuti serta mempertanggungjawabkan secara moral apa yang hari ini bapak dan ibu sampaikan. Semua tergantung dari kita semua bagaimana memajukan daerah melalui sumber dana yang ada,” jelas Kadengkang.

 

Senada yang di sampaikan Sunarto, Wakil Ketua II DPRD Boltim Muhammad Jabir menyampaikan, Reses ini adalah agenda setiap anggota DPRD, baik tingkatan pusat maupun di daerah. “Sehingga itu, apa yang akan disampaikan, kami siap menerima, menampung dan menindaklanjuti aspirasi, saran dan kebutuhan bapak ibu sekalian,” kata Jabir.

Anggota DPRD Boltim lainnya, Sofyan Alhabsy juga pada kesempatan itu menerangkan bahwa, Reses hari ini untuk pembangunan tahun 2021. “Banyak pembangunan fisik yang dibangun di Kecamatan Nuangan tahun ini. Itu adalah hasil tindak lanjut Reses sebelumnya,” terangnya.

 

Usai penyampaian oleh ketiga Aleg Boltim itu, dilanjutkan dengan penyerapan aspirasi masyarakat. Sangadi Jiko Belanga Riman Manuho mendapat kesempatan pertama untuk menyampaikan aspirasi. Dalam aspirasinya, Manuho berharap dapat ditindaklanjuti oleh pihak DPRD.

Penyerapan aspirasi masyarakat terus berlanjut hingga pukul 18.00 Wita. Terpantau, seluruh Sangadi se-Kecamatan Nuangan mendapatkan kesempatan menyampaikan aspirasi. Dilanjutkan dengan BPD, para Kaur, Tokoh Pemuda, Kepala Sekolah, dan seluruh lapisan masyarakat yang hadir saat itu.

 

Di penghujung acara, usulan-usulan serta keluhan dari peserta Reses langsung dijawab oleh masing-masing instansi terkait yang hadir pada kesempatan itu.

Hendri

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.