UNBK Tingkat SMK Resmi Dibuka, Yasti Optimis Kemampuan Siswa Bolmong

0
79

BOLMONG,DETOTABUAN.COM–Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK serentak di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), di SMK Poopo, Kecamatan Passi Timur, resmi dibuka oleh Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, Senin (16/03/2020).

Pembukaan UNBK diawali dengan live video conference bersama Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw. Melalui live video conference, Wagub mengecek langsung kesiapan pelaksanaan UNKB di seluruh Kabupaten/Kota se-Sulut.

Mulai dari kesiapan lokasi, fasilitas pendukung, kesiapan peserta UNKB hingga para pengawas dan guru.  Wagub sendiri berharap, pelaksanaan UNBK serentak di Sulut bisa berjalan dengan baik dan sukses.

Selain itu, Wagub juga menanyakan soal tindak lanjut pemerintah daerah dalam mengantisipasi penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) khususnya di lingkungan pendidikan. “Kepada para peserta ujian agar fokus dan yakin pada kemampuan masing-masing,” kata Wagub.

Sementara itu, Bupati Yasti yang turut didampingi Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling melaporkan, bahwa di Bolmong ada 15 SMK, yang terdiri dari tujuh SMK Negeri dan delapan SMK swasta. Laki-laki 401 orang, dan perempuan 370 orang. Total peserta se-Kabupaten Bolmong berjumlah 771.  “Khusus di SMK Poopo sendiri terdiri dari 22 laki-laki dan 18 perempuan. Total 40 orang peserta. Dan dari total peserta UNBK se Kabupaten Bolmong semuanya hadir,” ungkap Yasti.

Di sisi lain, terkait upaya pencegahan penyebaran Corona masuk ke Kabupaten Bolmong, Yasti menyebut, pihaknya sudah mengambil beberapa kebijakan, termasuk meliburkan seluruh sekolah yang menjadi kewenangan Kabupaten Bolmong, mulai dari PAUD, SD, hingga SMP/sederajat. “ASN kita larang untuk keluar daerah. Warga juga kita imbau untuk tidak menggelar hajatan yang berpotensi mengimpulkan orang banyak. Termasuk rangkaian peringatan HUT Bolmong ke 66 tahun yang jatuh pada 23 Maret 2020 mendatang ada beberapa yang kita batalkan,”tuturnya.

Pembukaan UNKB ditandai dengan penekanan tombol rilis token serentak di seluruh kabupaten/kota yang dikomando langsung Wagub Steven Kandow. Yasti memberikan arahan kepada para peserta agar mengawali UNBK dengan berdoa. Membaca dan memahami setiap soal ujian dengan sebaik-baiknya sehingga setiap soal dapat dijawab dengan mudah.

“Saya optimis adik-adik peserta mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya di Provinsi Sulut. Itu karena sumber daya manusia peserta UNBK SMK di Bolmong tidak dapat diragukan lagi kemampuannya,” tutupnya. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.