Tingkatkan Transparansi Pengelolan Dandes, Bupati Dukung Program BPKP Sulut

0
60

 

BOLMONGDETOTABUAN.COM– Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, menerima kunjungan dari Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Sulawesi Utara, Setya Nugraha, Selasa (22/09/2020), di D Talaga restaurant.

Pertemuan itu, membahas program yang tengah disiapkan oleh BPKP di setiap Desa di Kabupaten Bolmong. Program yang diberi nama Semakin Syahdu (System Elektronik Monitoring Akuntabilitas Kinerja Desa Terpadu) bertujuan untuk meningkat kemampuan Desa dalam mempertanggungjawabkan sumber daya dan pelaksanaan kegiatan.

Selain itu juga mendorong transparansi dalam pengelolan Dana Desa. Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan pihaknya mendukung penuh program yang disiapkan BPKP perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.

“Saya mendukung penuh program Semakin Syahdu dari kepala BPKP Perwakilan Sulut. Program ini sangat bermanfaat bagi Desa Desa yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow. Apa lagi Bolmong ini sangat luas, hampir 30 persen luas wilayah Sulut adalah wilayah Kabupaten Bolmong,” ucap Yasti.

Menurut Yasti program Semakin Syahdu akan meningkatkan akuntabilitas keuangan desa. “Karena baru tiga tahun ini ada Dana Desa dari Pemerintah pusat yang cukup besar anggaranya. sehingga banyak juga kepala Desa kami yang gagap penyajian keuanganya lebih khusus akuntabilitas,” kata Yasti.

Lebih lanjut Yasti mengakui diera keterbukaan saat ini kita betul betul memerlukan program Semakin Syahdu. “Mudah mudahan implementasi dari program ini segera terlaksana di Kabupaten Bolmong, agar supaya dalam pertanggungjawaban keuangan Desa maupun Pemkab Bolmong akan semakin baik lagi. Terima kasih saya ucapkan kepada BPKP Seyta Nugraha yang telah membuat program Semakin Syahdu ini. Saya yakin ini sangat bermanfaat bagi Pemkab bolmong,” tutupnya. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.