Permudah Kerja Kepala Dinas, Diskominfo Bolmong Gelar Pelatihan Tanda Tangan Elektronik

0
27

 

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar pelatihan tentang tanda tangan elektronik melalui Aplikasi e-Dokumen bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Selasa (06/10/2020) di Ruang Rapat lantai II Kantor Bupati, di Lolak.

Kepala Diskominfo melalui Kabid Penyelenggaraan e-Government Andry Mamonto mengatakan, tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang hanya dapat dibuat secara elektronik serta digunakan dan dapat dibuktikan keaslian suatu dokumen secara digital lewat Aplikasi VeryDS. “Pelatihan ini menggunakan Aplikasi e-Dokumen. Aplikasi ini juga telah terintegrasi dengan Balai Sertifikat Elektronik (BSE),”kata Mamonto.

Dia menambahkan, pelatihan tanda tangan elektronik ini, bertujuan untuk mempermudah pimpinan OPD dalam penandatanganan dan pengesahan dimanapun dan kapanpun untuk keamanan informasi. “Selain pelatihan tanda tangan elektronik, dilakukan juga pelatihan Aplikasi e-Dokumen. Hal ini guna membuat kinerja OPD menjadi lebih ringan dan cepat,” ungkapnya.

Nantinya lajut dia, Kepala Dinas tidak perlu repot lagi harus menandatangani sebuah dokumen secara manual, dalam jumlah besar. Selain itu, proses penandatanganan dokumen bisa dilaksanakan selama 24 jam dari berbagai tempat, tanpa harus terus-menerus berada di kantor.

Apalagi pengoperasiannya cukup mudah karena terhubung personal computer atau handphone. “Selain itu, bagi pejabat yang telah memiliki passphrase dari BSSN sudah bisa melakukan tanda tangan elektronik. Bahkan saat ini sudah ada 28 pejabat eselon II dan III yang sudah memiliki passphrase tersebut,” tuturnya.

Di sisi lain, salah Satu Verifikator Dinas Kominfo Andrian Masta mengatakan, tanda tangan digital juga akan mencegah terjadinya tindakan pemalsuan. “Melalui Aplikasi VeryDS yang dibuat Balai Sertifikat Elektronik akan mengidentifikasi dan mengetahui apakah tanda tangan tersebut asli atau bukan,” tutupnya. (Ind)