Hadiri Pencanangan Desa Bersinar, Yanny: Pemberantasan Narkoba Tugas Kita Bersama

0
163
Penyerahan Prasasti Jenis-Jenis Narkoba oleh Wabup Bolmong Yanny R Tuuk, Kepada Relawan Anti Narkoba. (Foto: Indra S. S. Ketangrejo)

ADVETORIAL

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Wakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, Wakil Bupati Yanny R. Tuuk hadiri Pencanangan Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar) yang digelar oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bolaang Mongodow (Bolmong) di Desa Bolaang I, Kecamatan Bolaang Timur, Rabu, (04/11/2020).

Dalam laporannya, Kepala BNN Bolmong AKBP Yuli Setiawan menjelaskan, kegiatan itu digelar untuk menyikapi perkembangan ancaman narkoba yang sangat dekat dan nyata, serta dampaknya yang begitu kompleks dan mengancam eksistensi kedaulatan Bangsa Indonesia.

“Itu sebabnya sangat dibutuhkan peran aktif dari Kepala Desa dan masyarakat agar tercipta lingkungan desa yang bersih dari peredaran gelap dan penyalagunaan narkoba,” jelas AKBP Yuli Setiawan.

Ia menambahkan, BNN juga akan menjadikan Desa sebagai garda terdepan dalam mewujudkan Indonesia yang bersih dari penyalagunaan narkoba. Tak hanya itu, pihaknya juga akan menjadikan desa yang memiliki peran dan daya tangkap yang kuat terhadap penyalugaan dan peredaran gelap narkoba.

“Penetapan Desa Bolaang I sebagai Desa Bersinar meiliki dasar hukum yang kuat dengan tujuan agar Desa Bolaang I dapat memfalisitasi peran aktif dalam mewujudkan program pencegahan dan pemberantasan penyalugaan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor narkotika secara massif,” katanya.

Wabup Yanny R Tuuk menyambut baik kegiatan pecanaganan Desa Bersinar tersebut. Menurutnya, penyalagunaan narkoba merupakan kejahatan luar biasa yang mengancam kehidupan serta dapat digunakan sebagai salah satu senjata untuk meruntuhkan dan melumpuhkan suatu bangsa. “Maka dari itu kita harus bersatu dan bersama memberantas kejahatan narkoba secara massif dan menyeluruh,” kata Wabup.

Lanjutnya, peredaran dan penyelagunaan narkoba saat ini, tidak hanya melihat dan menyasar orang dewasa namun sudah menyasar hingga kaum melenial. “Tugas pemeberantasan kejahatan narkoba bukan hanya diserahkan kepada pemerintah dan instansi terkait saja. Tetapi peran pemberantasan narkoba adalah tugas kita semua,” tegasnya.

Kegiatan pencanangan Desa Bersih Narkoba ini kata Wabup merupakan bukti keseriusan Pemerintah Pusat dan Daerah untuk memberantas kejahatan Narkoba yang begitu massif. “Berbicara tentang narkoba, tentu tidak lepas dari 3 hal, diantaranya. Penjahat Narkoba, penyalagunaan narkoba, dan masyarakat yang bersih narkoba, untuk itu kita perlu mewujudkan nomor 3 dan bersama melawan serta memberantas nomor 1 dan 2,” jelas Wabup.

Di tempat yang sama, Kepala BNN Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Brigjen Pol Drs Victor Jaubert Lasut MM, juga menyampaikan pelaksanaan program ini dalam rangka mewujudkan instruksi Presiden (Peppres) nomor 2 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalagunaan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika tahun 2020/2024.

“Sehingga dengan dicanangkannya program ini, maka Provinsi Sulut sudah memiliki daftar hadir satu di pusat, sebab selama ini masih kosong, dan semoga juga dengan adanya pencanangan program ini dapat menjadi contoh, agar daerah-daerah lain dapat terjangkit untuk mengikuti program ini,” tutupnya.

Sekadar diketahui, hadir dalam Kegiatan Pencanangan Desa Bersinar tersebut, Wabup Bolmong Yanny Ronny Tuuk Kepala BNN Provinsi Sulut Brigjen Pol Drs Victor Jaubert Lasut MM, Kapolres Bolmong AKBP Indra Pramana H, S.I.K, Wakil Ketua DPRD Bolmong Sukron Mamonto SE MM, Anggota DPRD Fraksi PKB Supandri Damongalad dan Teti Kadi Mamonto, perwakilan masing-masing Dinas di lingkup Pemkab Bolmong, Kepala BNN Bolmong dan Camat dan sangadi serta masyarakat Desa Bolaang I. (Ind/Adve)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.