Wacana Raja Loloda Mokoagow Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional Mendapat Respon Baik Pemkab Bolmong

0
41
Sekda Bolmong, Tahlis Gallang. (Foto: Indra S. S. Ketangrejo)

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Masyarakat Bolaang Mongondow Raya (BMR) wacanakan mengusulkan Raja Loloda Mokoagow sebagai Pahlawan Nasional. Hal itu disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong).

Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang mengatakan, pengusulan itu harus disertai dengan berkas pendukung. Jika itu terpenuhi, pemerintah daerah siap mengusulkan Raja Loloda Mokoagow sebagai pahlawan nasional.

“Jika memang dokumen pendukung lengkap, pemerintah tentu akan mengusulkannya. Termasuk kontribusi terhadap merebut dan mempertahankan kemerdekaan,”kata Tahlis. “Kami siap usulkan. Harus ada pengakuan mengenai jasa mereka,” tambahnya.

Selain itu juga kata dia, Pemkab Bolmong siap memback up penelitian sejarah Mongondow, terutama mengenai kerajaan–kerajaan. “Tak bisa dipungkiri banyak generasi muda saat ini yang tak lagi mengenal sejarah para leluhur,” tuturnya.

Hal itu tentunya disuarakan masyarakat dengan adanya polemik teater Pingkan Matindas, dengan sendirinya memancing adrenalin para anak muda Mongondow untuk meneliti sejarah di daerah. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.