Unggul di Bolmong, Yasti Ucapkan Selamat Atas Kemenangan OD-SK

0
623

 

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara (Sulut) telah berlangsung. Dari semua lembaga penghitungan hitung cepat, pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Olly Dondokambey-Steven Kandouw (OD-SK) unggul.

Kendati masih menunggu pleno disemua tingkatan penyelengara, namun ucapan selamat sudah disampaikan oleh Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, Rabu, 9 Desember 2020.

Pada konfrensi pers yang digelar di rumah jabatan di Kota Kotamobagu, Yasti mengungkapkan suka citanya atas perolehan suara yang diraih paslon nomor urut tiga ini.

Di mana pasangan calon OD-SK unggul suara meninggalkan dua paslon lainnya yakni pasangan calon nomor urut satu Christiany E Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP—SSL) dan paslon nomor urut dua Vonny Anneke Panambunan-Hendry Runtuwene (VAP-HR).

“Selamat atas terpilih kembali jagoan kita pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bapak Olly Dondokambey dan Bapak Steven Kandouw di Pilkada Sulut periode 2021-2026,” ucap Yasti.

Meski hasil perolehan suara belum semuanya masuk dan masih akan menunggu pleno, namun Yasti yakin perolehan suara pasangan Olly-Steven tetap unggul dari dua paslon lainnya.

Dari hasil quik count yang dilakukan YSM Center di Kabupaten Bolmong, pasangan Olly –Steven menang dengan perolehan 54.39%, pasangan CEP-SSL 41.81% dan pasangan VAP-HR 3.78%. Quik count ini dilakukan di 206 TPS dari 514 TPS yang tersebar di 15 kecmatan.

Sedangkan hasil quick count Charta Politika hingga pukul 14.30 WIB atau 15.30 WITA, Olly-Steven unggul jauh dari kedua pesaingnya. Pasangan petahana ini memimpin dengan perolehan suara 53,94 persen. Sejauh ini jumlah suara yang masuk telah mencapai 32 persen. Sementara posisi kedua, pasangan nomor urut 1 CEP-SSL 37,79 persen suara dan VAP-HR 8,27 persen.

Perhitungan ini bukan hasil resmi KPU. Nantinya KPU akan melakukan penghitungan suara berjenjang. Diketahui, paslon ODSK maju di Pilkada Sulut dengan didukung enam partai politik, yakni PDIP, PKB, PPP, Partai Perindo, Gerindra dan PSI. Ketiga paslon peserta pilkada ini akan memperebutkan 1.831.867 suara pemilih. Rinciannya terdiri atas 926.184 pemilih laki-laki dan 905.683 perempuan. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.