Sempurnakan Ranwal RKPD 2022, Pemkab Bolsel Gelar Forum Konsultasi Publik

0
64

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt membuka secara langsung Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Tahun 2022, Kamis (21/01/2021) di Aula Kantor Bupati Panango.

Kegiatan ini merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan dokumen RKPD dalam periode satu tahun, sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Ranperda tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD.

Tahapan ini bertujuan untuk penyampaian program prioritas pembangunan beserta tema pembangunan sebagai salah satu panduan dalam menyamakan persepsi dan pemahaman bersama antara pemerintah daerah dan pemangku kepentingan mengenai pedoman pembangunan Tahun 2022. Tahapan ini juga berguna untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2022.

Disampaikan oleh Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt bahwa Permendagri telah mengamanatkan untuk tertib dalam melaksanakan penyusunan perencanaan pembangunan di daerah. “Pada Tahun 2021 ini kita berkewajiban menyusun RKPD tahun 2022 yang didahului dengan penyusunan rancangan awal RKPD Tahun 2022. Guna penyempurnaan rancangan awal RKPD 2022 ini maka perlu dilakukan konsultasi publik ranwal RKPD tahun 2022,” ucap Bupati. “Dengan memahami tahapan proses penyusunan perencanaan yang sesuai dengan peraturan, kita dapat menyadari arti penting mengapa forum konsultasi publik pada hari ini kita laksanakan,” lanjut Bupati terpilih pada Pilkada Tahun 2020 ini.

Sementara itu disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Harifin Matulu, S.Pd., M.AP., bahwa tujuan dilaksanakannya konsultasi publik rancangan awal RKPD ini adalah untuk mendapatkan masukan penting antara pemerintah daerah dan pemangku kepentingan dalam menyusun Rancangan Awal RKPD yang lebih menitik beratkan pada aspek teknokratis guna penyempurnaan atas rancangan Awal RKPD Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Tahun 2022 dengan menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah yang akan dilaksanakan pada tahun 2022.

“Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh pemangku kepentingan terhadap keterkaitan program prioritas dan sasaran pembangunan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2022 nanti,” ucap Matulu.

Target peserta kegiatan ini terdiri dari unsur DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan Kecamatan, Organisasi Masyarakat, Organisasi Kepemudaan, Perguruan Tinggi, Akademisi, Tokoh masyarakat dan lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Deddy Abdul Hamid dan Ketua DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Ir. Arifin Olii serta Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Marzanziuz A. Ohy, S.STP. beserta para Asisten Setda. (**)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.