Bappeda Bolmong Gelar FGD Penyusunan RAD KKS, KLA, dan Stunting di Dumoga Timur

0
28

 

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa, (02/02/2021) menggelar Fokus Grup Discussion (FGD) terkait dengan penyusunan dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) Kabupaten Kota Sehat (KKS), Kabupaten Layak Anak (KLA) dan Konvergensi penurunan stunting di Kecamatan Dumoga Timur.

Acara Ini dibuka langsung Oleh Sekretaris Bappeda Bolmong Aldi Pudul. Turut hadir pemateri Boas Willar dari C-More (Community Movement, Empowerment, Enviromental) sulut sebagai tenaga ahli atau narasumber.

Dalam sambutannya Aldi mengatakan Kegiatan FGD dilaksanakan untuk mengangkat isu atau permasalahan tentang kesehatan di Kecamatan Dumoga timur.

Sementara itu, Kepala Bappeda Bolmong Yarlis A Hattam melalui Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Susanti Hadji Ali mengatakan, sesuai dengan jadwal pelaksanaannya, FGD akan diawali dari Kecamatan Dumoga Timur.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua minggu. Melalui FGD ini akan dilakukan penyusunan dokumen RAD Kabupaten/kota sehat, Kabupaten Layak Anak dan konvergensi penurunan stunting,” tutur Susan.

Dijelaskannya, enam kecamatan lokus ini, dalam kegiatan dimaksud memiliki sasaran untuk meperoleh data data akurat dalam penyusunan RAD dan sosialisasi kepada masyarakat juga pemangkuh kepentingan. “Untuk FGD Stunting akan digelar di Lokus Kecamatan Dumoga Barat dan Kecamatan Lolayan,” kata Susan.

Selain itu, untuk mencapai target daerah, beberapa program terkait dengan target daerah untuk Kabupaten Kota Sehat dan penurunan stunting, dapat pula dianggarkan melalui dana desa. “Makanya perlu keterlibatan dari desa dalam melakukan penyusunan dokumen RAD. Dari sini dapat kita posisikan mana anggaran yang tidak dapat diakomodir akan diusulkan untuk penganggaran melalui dana desa,” jelasnya. (Ind)

Berikut data Pemda Bolmong:

-Lokus Kabupaten Kota Sehat (KKS):

Kecamatan Santombolang: Desa Batu Merah, Kecamatan Bolaang timur : Desa Lolan, Kecamatan Lolak, Kecamatan Poigar dan Kecamatan Dumoga timur : Desa Dumoga 2

-Lokus Kabupaten Layak Anak (KLA):

Kecamatan Poigar : Desa Poigar 1, Kecamatan Bolaang Timur : Desa Lolan, Bolaang, tadoy, Kecamatan Lolak : Desa Lolak, Mongkoinit, Kecamatan Lolayan: Desa bakan, Kecamatan Dumoga Tengah : Desa Wangga baru, Kecamatan Dumoga Barat : Desa Kinomaligan, Kecamatan Passi Barat : Desa Otam Barat.

-Lokus Stunting:

Desa Mengkang, Desa Mopusi, Desa Doloduo 3, Desa Tumokang Timur, Desa Totabuan, Desa Matayangan, Desa Tanoyan Selatan, Desa Doloduo 2, Desa Kopandakan 2, Desa Amertha Sari, Desa Matali Baru, Desa Bakan, Desa Tanoyan Utara, Desa Tonom, Desa Domisil, Desa Solog, Desa, Solimandungan 1, Desa Lolayan, Desa Mopuya Utara 2.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.