Buka Musrenbang Kecamatan di Passi Barat, Tahlis Harap Dapat Menjaring Aspirasi Warga Terkait Kebutuhan Pembangunan

0
38

 

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mulai dilaksanakan.

Musrenbang tingkat Kecamatan perdana dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong di Kecamatan Passi Barat, Senin, 1 Februari 2021.

Dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Tahlis Gallang, dan turut dihadiri para pemangku kepentingan dari 13 desa yang ada di Kecamatan Passi Barat. Serta Anggota DPRD dan dari perwakilan OPD lingkup Pemkab Bolmong.

Menurut Sekda, Musrenbang tingkat kecamatan merupakan tahapan Musrenbang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan musrenbang pada tingkat desa dan kelurahan.

“Tingkat kecamatan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan yang dilakukan dari tingkat desa,” kata Sekda.

Dijelaskan, Musrenbang ini bertujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas, atau bottom-up.

Ia berharap, melalui Musrenbang tingkat kecamatan, dapat menjaring aspirasi masyarakat tentang kebutuhan pembangunan pada tahun perencanaan.

Sehingga kata dia, dalam pelaksanaan pembangunan daerah akan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Bolmong, khususnya yang ada di Kecamatan Passi Barat.

Selain itu, Kepala Bappeda Bolmong Yarlis Awaludin Hatam mengatakan, Musrenbang tingkat kecamatan ini, usulannya dilakukan dari tingkat desa dan akan dilakukan verifikasi terkait dengan kelayakan usulan, baik secara teknis maupun jenis kewenangan.

“Verifikasi pada musrenbang tingkat kecamatan dilakukan oleh masing-masing perangkat daerah terkait yang berada di tingkat kecamatan” ungkapnya. “Musrenbang RKPD tahun 2021 mengambil tema Kemandirian Ekonomi di Seluruh Wilayah Yang Terintegrasi dan Berkelanjutan,” tutupnya. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.