Hasil Pleno KPU, Calon PAW Dyas Potabuga Gantikan Almarhum Marthen Tangkere di DPRD Bolmong

0
80

 

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) sudah plenokan calon Pergantian Antar Waktu (PAW) Dyas Potabuga sebagai pengganti Almarhum Marthen Tangkere.

Hal itupun sudah melalui proses tahapan, mulai dari partai hingga di DPRD Bolmong. Kemudian, DPRD Bolmong menyurat ke KPU Bolmong untuk menindaklanjutinya.

Komisioner KPU Bolmong Alfian Pobela mengatakan, pihaknya menerima surat secara resmi dari pimpinan DPRD Bolmong, sejak Jumat (26/02/2021) akhir bulan lalu.

“Surat itu tentang pemberitahuan anggota DPRD Bolmong dapil II pergantian kepada Almarhum Marthen Tangkere,” kata Alfian.

Dijelaskan, setelah menerima surat tersebut, pihaknya mengundang pimpinan partai Golkar, dan calon PAW untuk diklarifikasi dikantor KPU Bolmong.

“Senin 1 Maret lalu, yang datang di KPU Sekretaris DPD Partai Golkar Bolmong Fadly Simbuang dan Wakil Ketua Sulhan Manggabarani, serta calon PAW Dyas Potabuga,” ungkap Alfian.

Kemudian kata Pobela, pada hari Selasa, 2 Maret lalu, KPU Bolmong melaksanakan rapat pleno untuk menentukan calon pengganti almarhum Marthen Tangkere didapil dua.

“Sesuai dengan hasil suara, urutan kedua terbanyak dari almarhum adalah Dyas Potabuga,” ucapnya.

Lanjutnya, usai rapat pleno, KPU langsung membalas surat dari DPRD Bolmong yang menyatakan bahwa calon PAW Dyas Potabuga memenuhi syarat utk menggantikan almarhum Marten Tangkere. “Jadi lalu kami sudah balas surat dari DPRD Bolmong,” pungkas Alfian.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Partai Golkar Bolmong Sulhan Manggabarani membenarkan hal tersebut. Menurutnya, hal itu sudah berproses di KPU lalu, dan kini surat dari DPRD Bolmong telah dibalas oleh KPU Bolmong.

“Saat ini lagi berproses di Pemkab Bolmong. Mudah – mudahan cepat diproses sebab ini tentu merugikan partai jika tidak secepatnya di isi pengganti,” singkat Sulhan, yang juga anggota DPRD Bolmong. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.