Raker dengan Kemenhub RI, Herson Pertanyakan Kelanjutan Pembangunan Beberapa Bandara di Sulut

0
91

JAKARTA,DETOTABUAN.COM – Komisi V DPR RI menggelar Rapat Kerja (Raker) dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI diruang rapat Komisi V Gedung Nusantara, Selasa (16/03/2021).

Raker yang dipimpin Ketua Komisi V Lasarus, turut dihadiri para anggota. Sementara dari Kemenhub, dihadiri langsung oleh Menteri Budi Karya Sumadi, para Dirjen dan jajaran.

Pada kesempatan itu, anggota Komisi V DPR RI Dapil Sulawesi Utara, Hi. Herson Mayulu, SIP menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan agenda Raker tersebut.

Pertama, Herson memberikan apresiasi kepada Menteri dan jajaran, berkaitan dengan hasil pemeriksaan BPK pada semester kedua tahun 2020, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu ditindaklanjuti.

“Semoga kedepan akan lebih sempurna lagi, dengan berkurangnya temuan temuan yang didapat oleh BPK pada semester Kedua Tahun 2020, ini memperlihatkan upaya kerja keras yang tak terhingga oleh jajaran, untuk memperbaiki pengelolaan keuangan di Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

Selanjutnya, berkaitan dengan refocusing anggaran, Herson menginginkan, Kemenhub terutama Dirjen Perhubungan Udara, agar dapat memberikan rincian pembangunan Bandara tahun 2021 pasca refocusing.

“Ternyata apa yang kita khawatirkan lalu terjadi juga, oleh karena itu, saya menginginkan refocusing ini terutama dari Dirjen Perhubungan Udara, minimal ada rincian, karena di Dapil saya itu ada beberapa bandara yang dibiaya dari APBN 2021, apakah ini kena refocusing atau tidak, supaya bisa dijelaskan kepada pemerintah dan masyarakat di Dapil saya,” sebutnya.

Selanjutnya, Politisi PDIP yang juga mantan Bupati Bolsel dua periode itu mengingatkan soal kesiapan armada, menghadapi lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, baik arus mudik maupun arus baliknya.

“Ini, saya memberi warning, agar kita lebih siap lagi dibandingkan tahun lalu, sehingga tidak terjadi penumpukan yang menyebabkan waktu tunggu dibandara dan pelabuhan jadi panjang, mudah mudahan ini segera diantisipasi Kemenhub, sehingga pada saat mudik ataupun balik lebaran tidak akan memicu meningkatnya Covid-19,” ujarnya.

Herson meyakini, pengalaman tahun kemarin dapat dijadikan pelajaran bersama, sehingga tidak terulang lagi.

“Saya yakin kita semua sudah berpengalaman karna bencana Covid-19 ini, sudah memasuki tahun kedua dan bahkan mungkin memasuki tahun ketiga, sehingga ini bisa diantisipasi, agar tidak terjadi hal hal yang kita inginkan bersama,” ucapnya.

Terakhir, Herson mengharapkan, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, agar pada Jumat nanti, bisa bersama sama menghadiri Launcing Program Padat Karya Tunai (PKT) yang akan diselenggarakan oleh Balai Perhubungan Darat Sulut, di Kota Bitung.

“Saya berharap pak Dirjen, kiranya berkenan hadir sesuai agenda yang disampaikan Kementerian Perhubungan,” pungkasnya.

(Tio)