Gelar Apel Kesiapsiagaan, Tahlis Imbau Jaga Koordinasi Antisipasi Risiko Bencana

0
20

 

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar Apel Kesiapsiagaan. Kegiatan berlangsung di Lapangan Kantor Bupati, Rabu, (21/04/2021). Bertindak sebagai pembina apel yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Galang.

Tujuannya untuk mengantisipasi serta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrim yang dapat menyebabkan terjadinya bencana alam Hidrometeorologi di wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) lebih khusus di Bolmong.

Sekda Tahlis mengatakan Apel Kesiapsiagaan yang digelar ini untuk meningkatkan koordinasi serta meningkatkan antisipasi dalam rangka mengurangi dampak resiko akibat kemungkinan besar terjadinya bencana alam akibat badai iklim siklon yang saat ini sementara berlangsung di sekitar daerah kita.

“Kita tidak bisa menghindari bencana alam seperti ini, tetapi dampaknya kita minimalisir. Dan salah satu hal yang paling pokok meminimalisir adalah meningkatkan koordinasi di antara kita,” katanya.

Dia menambahkan, kita bisa cepat tanggap melakukan tindakan yang tepat, apabila bencana alam itu terjadi. Sehingga apabila terjadi, kita tidak kebingungan dalam penanganan terhadap korban-korban yang kemungkinan ditemui pada saat bencana terjadi,” jelasnya.

Dirinya berpesan, melalui camat dan sangadi atau instansi terkait untuk terus mensosialisasikan bencana bibit siklon tropis yaitu cuaca ekstrim angin puting beliung, hujan lebat, disertai kilat, hujan es dan lain-lain terkait dampak yang dapat ditimbulkan berupa banjir, bandang, tanah longsor, genangan air, angin kencang, pohon tumbang.

“Setelah kegiatan ini, koordinasi itu harus lebih ditingkatkan. Apa yang dilaksanakan hari ini bukan seremonial semata,” tutupnya. (Ind)