Hanya Dihuni 2 ASN, Dirjen SDA KemenPUPR Diminta Perhatikan Keberadaan Kantor Pengamat Irigasi Kosinggolan dan Torout

0
191

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Anggota Komisi V DPR RI Hi. Herson Mayulu, SIP menyoroti minimnya tenaga ASN yang berada di Kantor Pengamat Daerah Irigasi (D.I) Kosinggolan dan Torout yang terletak di Desa Doloduo, Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolmong.

Pasalnya, Kantor Pengamat yang berfungsi mengawasi dua Daerah Irigasi terbesar di Bolmong bahkan Sulut itu, diketahui hanya dihuni dua ASN tanpa ada KDP nya.

“Bayangkan, mengurus D.I yang begini luas hanya ada dua ASN dan Seratus Honor, yang saya liat, disana justru yang sangat berperan Kelompok Pengguna Air (P3A), ada dua Ketuanya yang bekerja tidak mengenal waktu, sayangnya tidak ada insentif kepada keduanya yang diberikan kementerian, padahal mereka yang banyak berperan mengatur pembagian air,” ujar Politisi PDIP itu saat Rapat Dengar Pendapat antara Komisi V DPR RI dengan Dirjen SDA dan Cipta Karya KemenPUPR, Kamis (01/04/2021) tadi.

Selain itu, Herson juga meminta pihak Dirjen, untuk memperhatikan krisis air yang dialami Irigasi Kosinggolan dan Torout.

“Dua irigasi itu debit airnya sudah mulai menurun sehingga tidak lagi mampu mengairi sawah yang ada di wilayah tersebut, produksi pertanian bolmong menurun, dulu Bolmong yang dikenal dengan Lumbung berasnya sulut, kini tinggal kenangan,” ucap Herson.

Sebab itu, ia berharap ini menjadi perhatian Dirjen SDA, apakah dilakukan Revitalisasi atau pembuatan bendungan baru, untuk memenuhi kebutuhan air petani. (Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.