Kunker ke Bolmong, DPRD Kalteng Kaji Banding Soal Pemekaran Daerah

0
22

 

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Anggota Legislatif (Aleg) DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dilaksanakan di ruang Aula Kantor Bupati, Selasa, (04/05/2021).

Kunker Aleg DPRD Provinsi Kalteng diterima langsung Deker Rompas, Asisten 1 Setda Bolmong, Deker Rompas didampingi Wakil Ketua DPRD Bolmong Sukron Mamonto, Ketua Presidium Pemekaran Abdullah Mokoginta.

Kunker yang dilaksanakan para Wakil Rakyat Provinsi Kalteng di Bolmong, dalam rangka menghimpun bahan dan masukan terkait usulan pemekaran wilayah provinsi/daerah otonom baru kotawaringin, ke Pemerintah Kabupaten Bolmong.

Kegiatan itu juga dalam rangka konsultasi dan koordinasi persiapan administrasi dan kebijakan strategis terhadap usulan dan aspirasi serta persyaratan kelengkapan dalam usulan daerah otonom baru, dari Provinsi Bolmong Raya. “Selamat datang di Kabupaten Bolaang Mongondow, Calon Provinsi Bolaang Mongondow Raya,” ucap Asisten 1 Setda Bolmong.

Dalam sambutannya Deker rompas di hadapan Anggota DPRD kalteng menjelaskan tentang pemekaran kabupaten bolaang Mongondow di mekarkan menjadi 4 kabupaten satu kota. Kabupaten Bolmong yang sebelumnya ibu kota Kotamobagu. Setelah mekar kota kotamobagu ibukota Bolmong pindah ke Lolak. “Wilayah Kabupaten Bolmong yang diusulkan merupakan menjadi propinsi sekitar 54 persen dari wilayah sulut,” terang Deker.

Sementara itu, dalam kesempatan Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Kalteng, Drs Yohannes Freddy Ering, MSi, yang juga selaku sekretaris tim Kunker , menyampaikan ungkapan terima kasih, diterima dengan baik atas kunjungan kaji banding yang dilakukan.

Kami rombongan sebagai tim pembahasan usulan daerah otonom baru kotawaringin, lintas fraksi dan komisi dalam rangka kaji banding ke Kabupaten Bolaang Mongondow,” ungkap Yohannes.

Lebih lanjut lagi dikatakan Yohannes, kedatangan tim DRPD Provinsi Kalteng, ini untuk belajar, segala bentuk yang menjadi panduan bagi kalteng untuk mewujudkan pemekaran daerah Kotawaringin, mengingat Kalteng daerah yang memiliki wilayah yang cukup luas.

Hadir dalam kunker para Anggota DPRD Provinsi Kalteng diantaranya, Drs Yohannes Freddy Ering MSi, H Achmad Rasyid, Wakil Ketua Tim, Ir H Muhajirin,M.P, Fredy Khairir, H Purman Jaya S.Sos, dan pendamping tim diantaranya, Dr Yohannes Joni Pembelum MSi, Dr Jhon Retey Alprisandi, Tony Irawan SSTP, Herman Fredriek Katopo SSos, Ardiansyah. (Ind)