Pemkab Bolsel Raih Opini WTP Tujuh Kali Berturut-turut dari BPK RI

0
155

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt, didampingi Wabup Deddy Abdul Hamid, Ketua DPRD Ir. Arifin Olii dan Sekda Marzanzius A Ohy, S.STP, menghadiri penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 secara serentak oleh BPK RI, Senin (3/5/2021) tadi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor BPK RI perwakilan Sulut ini, turut dihadiri Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, SE, Sekprov Sulut, Ketua DPRD Sulut, serta Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota se-Sulawesi Utara.

Dalam kesempatan itu, Kepala Perwakilan BPK RI Sulut, Karyadi SE,MM mengingatkan Pemerintah Daerah, untuk tidak cepat berpuas diri dengan opini WTP, karena WTP adalah Kewajiban bukanlah Prestasi.

 

“Penyelenggaraan pemerintahan yang baik merupakan suatu tuntutan dalam kehidupan bernegara dan berbangsa. Pemerintahan yang baik sudah seharusnya menyajikan manajemen pemerintahan yang akuntabel dan transparan,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, SPt mengatakan, berbagai upaya pembaharuan yang dilakukan Pemkab bolsel, dalam pengelolaan keuangan, antara lain penyusunan peraturan perundang-undangan, penataan kelembagaan, pembenahan sistem dan prosedur dan peningkatan profesionalisme sumber daya manusia di bidang keuangan.

“Laporan keuangan yang telah diaudit oleh BPK merupakan wujud transparansi dan akuntabilitas publik Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan atas pengelolaan keuangan,” kata Bupati.

Selain itu, Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah oleh BPK itu sendiri didasarkan pada empat kriteria yang pertama, kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, kemudian kecukupan pengungkapan atau disclosure, selanjutnya kepatuhan terhadap peraturan perundangan, dan yang terakhir efektifitas sistem pengendalian intern pemerintah

“Itulah sehingga kualitas laporan keuangan suatu pemerintah daerah secara umum tergambar dari opini yang diberikan oleh BPK,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyatakan rasa Syukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang ikut berperan hingga pemkab Bolsel berhasil meraih WTP yang ketujuh kalinya.

“Alhamdulillah, berkat komitmen dan konsistensi, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan kembali meraih predikat tertinggi dalam pengelolaan keuangan daerah dari BPK RI yakni opini WTP ke-7 kalinya secara berturut-turut,” pungkas Bupati.

Turut hadir dalam penyerahan LHP tersebut diantaranya, Asisten III Pemkab Bolsel Rikson Paputungan, Inspektur Daerah, Irban, Kaban Keuangan, dan Kabag Protokol. (Advertorial/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.