Tingkatkan Kualitas SDM Masyarakat, Bolmong Bertambah Dua Perpustakaan Desa

0
47
Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Bolmong Sumarni B. Bonde Melakukan Peletakan Batu Pertama di Desa Doloduo III. (Foto: Ist)

 

BOLMONG, DETOTABUAN.COM– Keberadaan perpustakaan sangat penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Perpustakaan tak lagi sekadar sebagai tempat mencari sekumpulan buku atau informasi, melainkan sebagai sarana munculnya inovasi-inovasi baru yang berkualitas.

Peningkatan literasi masyarakat juga sangat memerlukan peningkatan kualitas fasilitas layanan perpustakaan. Fokus ini juga terus menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong).

Buktinya, dua desa di Kabupaten Bolmong segera miliki perpustakaan. Saat ini tengah dalam proses pembangunan. Dua desa tersebut masing-masing Desa Doloduo III dan Desa Ibolian I. Pembangunan Pespustakaan desa ini dilakukan menyusul setelah disetujui dalam usulan Musrenbang beberapa waktu lalu.

Tepat, Selasa, (25/5/2021), Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Bolmong Sumarni B. Bonde melakukan peletakan batu pertama pembangunan perpustakaan di Desa Doloduo III.

“Ya, ini juga merupakan usulan Musrenbang yang telah disetujui. Ada dua desa yang bersamaan membangun gedung perpustakaan,” kata Sumarni, Rabu, (26/5/2021).

Ditambahkan, dengan dibangunnya dua perpustakaan ini, maka total, ada empat gedung perpustakaan empat desa di Bolmong. “Sebenarnya tahun lalu ada juga beberapa desa yang sudah siap membangun secara administrasi, namun karena adanya refocusing anggaran akibat pandemi sehingga gagal. Namun kita berharap tahun 2022 nanti, tim anggaran bisa menyetujui itu apalagi mereka sudah menyiapkan lahan,” harapnya.

Lanjutnya, pembangunan gedung perpustakaan ini juga sejalan dengan program Dinas Perpustakaan. Tujuannya dengan hadirnya perpustakaan di desa-desa ini, bisa menjadi pusat untuk menambah pengetahuan masyarakat.

“Kalau di sekolah kan formal. Di sini tidak ada batas umur. Bagi siapa saja masyarakat yang ingin belajar, bisa datang ke perpustakaan desa,” jelasnya. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.