Pengembangan UMKM, Pemkab Bolmong dan Unsrat Tandatangani Perjanjian Kerjasama

0
70

 

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) menandatangani perjanjian kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, di Auditorium Unsrat Manado, Senin, (31/5/2021).

Mewakili Pemkab Bolmong adalah Kepala Bappeda Taufik Mokoginta. Sedangkan Unsrat langsung Rektor Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc, DEA dan Dekan Fakultas Pertanian Unsrat Manado Prof. Ir. Robert Molenaar, MS. PhD.

Perjanjian kerja sama ini di bidang kajian, penelitian dan pengembangan pembangunan ekonomi di Kabupaten Bolmong. Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut disaksikan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey. Ini juga dilakukan oleh sejumlah kepala daerah.

Kepala Bappeda Bolmong, Taufik Mokoginta saat mengatakan, PKS tersebut terkait dengan pengembangan serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan mulai dari UMKM dan home industri.

“Jadi nantinya mereka (Unsrat) yang akan datang langsung ke kabupaten Bolmong untuk mengkaji sumber daya alam (SDA) yang kita punya. Selanjutnya melalui ilmu serta teknologi mereka bisa turut membantu untuk membangun UMKM maupun home industri yang ada di Bolmong,”ujar Taufik.

Ia meyakini, dengan adanya berbagai teknologi dan kemampuan, dipastikan hasil dari kerjasama tersebut bisa meningkatkan dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bolmong secara baik dan cepat.

Dalam waktu dekat Unsrat bakal melakukan berbagai seminar yang berkaitan dengan hasil kajian mereka di Kabupaten Bolmong.

“Kurang lebih delapan kali seminar untuk mendengar usul saran dari berbagai stakeholder untuk perencanaan apa yang akan dibuat, jadi secara prinsip desain sudah dipersiapkan, tinggal action. Setidaknya untuk tahun ini dan tahun depan,” tandasnya. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.