Iskandar – Deddy Ziarah ke Makam Tokoh – tokoh Pemekaran Bolsel

0
65

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bolsel ke-13, Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru SPt bersama Wabup Deddy Abdul Hamid berziarah ke makam Tokoh-tokoh pemekaran Bolsel, Rabu (21/07/2021) tadi.

Ziarah diawali di makam Alm. A.W Mohune di Desa Salongo Kecamatan Bolaang Uki. Bupati mengatakan, Alm. A. W Mohune adalah salah satu tokoh yang berjasa dalam pemekaran Bolsel.

Usai ziarah ke makam A. W. Mohune, Bupati dan rombongan kemudian melakukan silaturahmi ke kediaman H. Herson Mayulu SIP (H2M), salah satu tokoh pemekaran yang juga pernah menjabat sebagai Bupati Bolsel selama 2 periode dan kini aktif sebagai Anggota Komisi V DPR-RI Fraksi PDIP Dapil Sulut periode 2019-2024.

 

Pada kesempatan itu, Bupati H. Iskandar Kamaru SPt secara khusus mengundang H2M, untuk menghadiri Sidang Paripurna DPRD dalam rangka HUT Bolsel ke-13 yang akan dilaksanakan di gedung DPRD pada Kamis, 22 Juli 2021 besok.

Usai silaturahmi di kediaman H2M, Bupati dan rombongan melanjutkan ziarah ke makam Alm. H. Syamsudin Kudji Moha di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolmong yang disambut langsung oleh sang Istri, Hj. Marlina Moha Siahaan atau akrab disapa Bunda MMS.

Dihadapan Bupati dan rombongan, MMS Atas nama pribadi dan keluarga, menyampaikan terima kasih sekaligus rasa bangga dan terharu atas perhatian Pemkab Bolsel.

 

Begitu terharunya, MMS bahkan tak kuasa menahan air matanya.

Terkait kegiatan ziarah dan silaturahmi ini, Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru SPt menyampaikan, hal ini merupakan bentuk penghormatan atas jasa-jasa para tokoh pemekaran.

“Kita semua wajib mengenang jasa para pahlawan khususnya para tokoh pemekaran daerah ini, karena dari jasa-jasa mereka maka lahirlah daerah Kabupaten Bolsel tercinta ini,” ujar Bupati.

Selanjutnya kata Bupati, Pemkab akan mengalokasikan anggaran untuk renovasi makam kedua tokoh pemekaran, termasuk pemagaran di sekitar makam agar peziarah lebih nyaman saat berziarah yang tentunya hal ini, atas ijin pihak keluarga.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Ir. Ariffin Olii bersama beberapa Anggota DPRD, Sekda Bolsel Marzanzius A. Ohy SSTP, MA, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Ny. Selpian Kamaru-Manoppo dan Ny. Rosdiana Abdul Hamid-Lapatola, para Asisten, Kepala PD dan Staf Khusus Bupati.

Terinformasi, puncak acara HUT Bolsel ke-13 ini, baru akan dilaksanakan pada hari Kamis 22 Juli 2021 besok, diawali dengan pelaksanaan Upacara di Alun – alun Ibukota Molibagu pada Pukul 07.30 Wita, kemudian dilanjutkan dengan rapat paripurna yang akan dilangsungkan di Gedung DPRD pada Pukul 10.00 Wita dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid -19.

(**/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.