Pendidikan Anak Daerah Terus Menjadi Fokus Yasti-Yanny, Sediakan Beasiswa dan Bantuan Akhir Studi

0
49
Ilustrasi

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) di bawah kepemimpinan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny R. Tuuk (Yasti-Yanny) patut diacungi jempol.

Betapa tidak, perkembangan di daerah lumbung beras ini terus dirasakan masyarakat. Baik di sektor pembangunan maupun ekonomi. Tak hanya itu, perkembangan sumberdaya manusia khususnya di bidang pendidikan juga terus menjadi fokus pemerintah.

Banyak hal yang telah diperbuat untuk kemajuan pendidikan di Bolmong. Diantaranya, dengan adanya bantuan seragam dan alat tulis menulis gratis bagi siswa dan siswi SD dan SMP sederajat di Kabupaten Bolmong.

Adanya beasiswa bagi mahasiswa S1 dan Diploma bagi anak daerah ke China. Mereka diberi beasiswa sejak mendaftar, biaya hidup, hingga selesai studi. Selain itu, Pemkab telah menganggarkan bantuan program studi akhir bagi mahasiswa S1 dan S2.

Bantuan daerah kebijakan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow ini, sebagai bentuk komitmen dalam menunjang sumber daya manusia anak- anak daerah.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bolmong Renti Mokoginta mengatakan, untuk beasiswa khusus mahasiswa yang melanjutkan pendidikan ke China, mahasiswa program S1 setiap mahasiswa menerima Rp19 juta per tahun, tercatat ada 12 mahasiswa. Sementara, 11 mahasiswa Diploma mendapat Rp9.100.000 juta per tahun untuk setiap mahasiswa.

Begitupun untuk bantuan penyelesaian studi bagi mahasiswa S1 dan S2. Pemkab telah menganggarkan sebanyak Rp100 juta. “Tahun ini, untuk bantuan penyelesaian studi S1 dan S2 kita anggarkan Rp 100 juta. Dan untuk pencairannya tergantung proposal bantuan penyelesaian studi yang masuk,” jelas Renti.

Ditambahkan, beasiswa ini sudah berjalan beberapa tahun lalu, seperti beasiswa studi ke China, itu kata dia sudah tiga tahun berjalan. Sementra bantuan akhir studi sudah dua tahun berjalan.

“Untuk bantuan penyelesaian akhir pada tahun 2020 lalu, ada 38 mahasiswa. Masing-msing, 36 mahasiswa S1 dan Dua orang mahasiswa S2. Tahun ini anggarannya juga sama seperti tahun sebelumnya, yaitu Rp 100 juta,” katanya.

Saat ini lanjut Renti, sudah sementara proses verifikasi berkas persyaratan. Ada kurang lebih 12 persyaratan yang harus dipenuhi. “Berharap, bantuan yang sudah diperjuangkan oleh Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow ini dipergunakan dengan baik oleh para mahasiswa penerima beasiswa dan bantuan akhir studi, sehingga pendidikan di Kabupaten Bolmong terus maju dan mengahasilkan kader anak daerah yang berkualitas nantinya,” tutupnya. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.