Gubernur Kukuhkan Beligan Sembiring Sebagai Kepala Perwakilan BPKP Sulut

0
52

MANADO, DETOTABUAN.COM – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengukuhkan Beligan Sembiring sebagai Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulut menggantikan Setya Nugroho di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulut, Senin (6/9/2021).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Perwakilan BPKP Prov. Sulut, dan dihadiri oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Dadang Kurnia.

 

Dalam sambutannya, Gubernur Olly mengapresiasi kinerja Perwakilan BPKP Sulut yang tetap berperan aktif menjalankan fungsi pengawasan, dan juga pendampingan pada pengelolaan anggaran pemerintah daerah, yang bersumber dari APBN maupun APBD. Di antaranya Dana PEN dan dana refocussing untuk penanganan Pandemi Covid-19.

“Pemerintah Provinsi, tentunya sangat berterima kasih karena peran BPKP Perwakilan Sulawesi Utara, yang sampai hari ini bisa berjalan dengan baik. Meski masih dalam suasana pandemi, kita banyak pendampingan dari BPKP Sulut dan apa yang dilakukan BPKP ini berjalan dengan mulus, salah satunya dana refocussing untuk penanganan Pandemi Covid-19,” ungkap Gubernur Olly.

Gubernur Olly juga mengapresiasi peran Perwakilan BPKP Sulut, atas fungsi pendampingan yang dijalankan, maka Pemprov. Sulut dan Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Sulut berhasil menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diberikan BPK RI atas tata kelolah keuangan daerah.

“Kita berturut-turut dapat opini WTP dari BPK. Bukan kerja kita sendiri tapi karena ada koordinasi, sinergi dan pendampingan dari BPKP dengan baik,” sambungnya.

Dengan adanya koordinasi yang baik antara BPKP dan Pemprov. Sulut, sehingga berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Sulut meski di masa pandemi.

“Karena apa yang kita lakukan dalam rangka meningkatkan ekonomi rakyat dengan anggaran kita yang terbatas, tepat sasaran adalah hal yang paling penting,” tambahnya.

Untuk itu Gubernur berharap semoga kerja sama yang telah terjalin dapat terus dipertahankan demi kemajuan daerah.

 

Kepada Kepala Perwakilan BPKP Sulut yang baru saja dikukuhkan, pak Beligan Sembiring, mari kita bersama-sama bersinergi untuk kemajuan daerah ini.

Sebelumnya, Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Dadang Kurnia berharap Kepala Perwakilan BPKP Sulut, Beligan Sembiring dapat diterima dengan baik, sehingga kerjasama antara BPKP dan Pemprov Sulut dan Pemda Kabupaten/Kota dapat ditingkatkan.

Dalam kesempatan, Dadang Kurnia mengapresiasi atas perolehan penghargaan terbaik yang diterima Pemprov Sulut dari BPK RI terkait MCP (Monitoring Center for Prevention).

Dadang Kurnia juga menyebut pengawasan dan pengawalan BPKP terhadap penanganan Covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi nasional yang dilakukan pemerintah melalui pengucuran anggaran.

“Untuk itu, akuntabilitas, pengawasan pengelolaan anggaran harus dilakukan sebaik-baiknya,” tukasnya.

 

Turut hadir pada kegiatan ini Sekdaprov Edwin Silangen, Asisten II Praseno Hadi, Asisten III Asiano G. Kawatu dan jajaran BPKP Perwakilan Sulut dan Pejabat terkait lingkup Pemprov diikuti secara virtual. (Dkips/ik)

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.