Bangkitkan UMKM Bolsel, Stafsus Gubernur Lakukan Pembinaan dan Sosialisasi ke Pelaku Usaha di Kecamatan Tomini

0
107

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Staf Khusus Gubernur Bidang UMKM-IKM, Firasat Mokodompit, SE tak henti – hentinya melakukan Pembinaan dan Sosialisasi ke pelaku usaha yang ada di 15 Kabupaten Kota, se-Sulawesi Utara.

Kali ini, kunjungan diarahkan ke Kabupaten Bolsel, tepatnya di Desa Tolutu, Kecamatan Tomini.

Tiba di lokasi kegiatan, Firasat dijemput Pembina UMKM Bolsel Yolan Maksum, SE, Kepala Desa (Sangadi.red) Tolutu, Hensi Dali, Rinto Paputungan, M.Si, serta puluhan pelaku usaha bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Tolutu.

Firasat mengatakan, kunjungan ke Kecamatan Tomini Sabtu (23/10/2021) hari ini, merupakan titik yang ke 234 sejak ia resmi dilantik sebagai Staf Khusus Gubernur.

“Jadi tujuan kedatangan kami, selain melakukan pembinaan dan sosialisasi, juga ingin bertatap muka langsung dengan para pelaku usaha, mendengarkan apa yang mereka butuhkan, untuk kemudian saya sampaikan ke pak Gubernur,” sebutnya.

Dari kegiatan ini kata Firasat, didapati umumnya para pelaku usaha masih terkendala dengan persoalan modal dan peralatan produksi.

Meski demikian ia tak menapik, ada beberapa pelaku UMKM yang pengelolaannya sudah baik contohnya Inovasi Pisang Bolsel (IPB) milik Tika Mooduto, S.Kom.

“Nantinya kepada mereka, kami akan upayakan bantuan modal KUR dari pihak perbankan dan alat produksi ke Pemprov Sulut, mudah mudahan, dengan adanya campur tangan pemerintah, UMKM-IKM Bolsel, makin maju dan sejahtera,” tambahnya.

Suksesor kegiatan, Rinto Paputungan, M.Si berharap, semoga dengan kedatangan Staf Khusus Gubernur, dapat membawa angin segar buat pelaku usaha yang ada di Bolsel khususnya Kecamatan Tomini.

“Memang yang menjadi kendala utama pelaku usaha disini adalah persoalan modal, sehingga kami berharap dengan kedatangan Staf Khusus Gubernur, dapat membantu pelaku usaha dalam mendapatkan bantuan modal dari pihak perbankan serta bantuan peralatan produksi dari Pemrov Sulut,” ucapnya.

Sangadi Tolutu Hensi Dali menyampaikan ucapan terima kasih kepada Staf Khusus Gubernur Bidang UMKM Firasat Mokodompit, SE yang sudah bersedia hadir, dalam rangka melakukan pembinaan dan sosialisasi ke pelaku UMKM.

“Dukungan kegiatan ini, adalah bentuk ikhtiar kami selaku pemerintah Desa, dalam upaya memajukan dan mensejahterakan pelaku UMKM yang ada di Desa kami,” pungkasnya

Usai sosialisasi, Firasat kemudian menyempatkan diri berkunjung ke beberapa Dapur Produksi pelaku UMKM di Kecamatan Tomini.

(Tals)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.