Bupati dan Wabup Tuntas Salurkan Bansos Tahap IV Bagi Terdampak Covid-19 di 15 Kecamatan

0
137
Penyaluran Bansos Tahap IV, Bagi Terdampak Covid-19. (Foto: Indra S. S. Ketangrejo)

ADVETORIAL

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Yanny R Tuuk tuntas menyalurkan bantuan sosial (Bansos) tahap IV, bagi terdampak Covid-19 di 15 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Penyaluran Bansos tahap IV terakhir dilaksanakan di Desa Tungoi I, Kecamatan Lolayan Jumat, (02/10/2020). Sebelumnya, juga pada Kamis, (01/10/2020), Bupati dan Wabup, turun di enam desa yang ada di empat kecamatan, diantaranya Desa Tiberias di Kecamatan Poigar, Desa Lolan 2 di Kecamatan Bolaang Timur, Desa Bilalang IV di Kecamatan Bilalang, dan Desa Pangian Barat di Kecamatan Passi Timur.

Di Desa Tiberias Kecamatan Poigar, rombongan Bupati Yasti langsung dijemput dengan tarian Masamper Desa Tiberias. Kemudian Bupati dan Wabup lanjut mengikuti upacara memperingati hari kesaktian Pancasila bersama Pemerintah Pusat melalui Video Conference (Vicon) yang turut diikuti jajaran Forkompincam dan masyarakat.

Menurut Bupati, penyaluran bantuan ini, sudah berbeda dari tiga bulan sebelumnya. Jika sebelumnya setiap KK penerima beras mencapai 36 kg, kini tinggal menerima 18 kg. Hal itu dikarenakan ada penyesuaian karena perpanjangan penyaluran bantuan hingga desember 2020.

“Beruntung Kabupaten Bolmong dalam refocusing anggaran, sudah memutuskan hingga Desember. Dan hanya Kabupaten Bolmong daerah pertama di Sulut, yang menetapkan hingga Desember,” ucap Bupati.

Harapan Bupati, semoga bantuan yang diberikan ini bisa meringankan beban bagi warga terdampak. Bupati optimis pada Desember 2020, Orang Desa Sehat Kuat mampu mengalahkan Covid-19.

Dari data yang ada, total penerima bantuan baik dari APBD dan APBN yang di top up Pemkab Bolmong sebanyak 19.373 Kepala Keluarga. Untuk yang dibiayai dari APBD berjumlah 9.170 KK namun ada juga yang di top up seperti penerima BST dan penerima bantuan dari Kementerian kelautan, sehingga total yang menerima bantuan 19.373 KK.

Untuk bantuan sembako tahap empat terjadi penambahan jumlah penerima berjumlah 800 KK. Sehingga yang akan menerima paket full dari Dinsos berjumlah 5.048 KK. Paket full ini sudah ada beras 18 Kg, Minyak Goreng 2 Liter, Gula Pasir 4 Kg, dan Ikan 8 kaleng.

Sementara, dalam setiap sambutannya tak henti-hentinya Yasti mensosialisasikan terkait pentingnya penerapan protokol Covid-19 dalam aktifitas sehari-hari dengan cara melaksanakan 3 M.

“3 M yang dimaksud yakni Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak. Ini penting untuk diterapkan sehari-hari, agar bisa bebas dari belenggu covid-19,” terangnya.

Bupati Yasti juga meminta para Camat dan Sangadi (Kepala Desa) untuk terus mensosialisasikan program 3 M kepada setiap warga yang berada di wilayahnya.

“Sebelumnya kita sudah Vidcon dengan Pemerintah Pusat, dimana seluruh Kabupaten Kota diharuskan gencar mensosialisasikan terkait penerapan 3 M ini hingga ke tingkat desa, maka dengan itu saya meminta para Camat dan Sangadi agar kooperatif dengan himbauan ini,” kata Yasti. (Ind/Adve)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.