Pemkab Boltim Gelar Perayaan Pesta Adat Tulude

0
918
ADVERTORIAL, DETOTABUAN.COM – Masyarakat Nusa Utara yang berasal dari daerah Sangihe, Talaud dan Sitaro yang tinggal di Kabupaten Boltim akan menggelar perayaan pesta adat Tulude di Desa Jiko Kecamatan Motongkad Kamis (2/2/17).
Penyambutan dua petinggi ini pun disambut secara adat kemudian dipakaikan pakaian adat Nusa Utara. Selanjutnya, Bupati dan Wabup diarak secara adat dari rumah Sangadi Jiko Utara Max Tempone sampai ke lokasi pesta Tulude.

“Perayaan pesta adat Tulude masyarakat Nusa Utara ini akan dihadiri ribuan etnis Sangihe Talaud dari berbagai desa di Boltim. Kita juga akan mengundang pemerintahan diwilayah kepulauan ini untuk turut hadir pada perayaannya, ” ujar Umbola,
Sementara, Sangadi Desa Jiko Utara Max Tempone mengatakan bahwa Tulude adalah pesta adat yang menyatukan semua masyarakat Sangihe Talaud dan dilaksanakan secara turun-temurun hingga saat ini. Sehingga sebagai warga kepulauan  punya tanggung jawan untuk melaksanakan kegiatan tahunan ini.
“Tulude merupakan wahana silaturahmi, sarana berkomunikasi untuk menjalin kebersamaan dan persaudaraan dalam satu komunitas yang utuh, ” ungkapnya
Lanjutnya juga, dalam perayaan Tulude ini, masyarakat Nusa Utara bersyukur atas semua berkat Tuhan sepanjang tahun lalu sambil melakukan perenungan yang mendalam agar di tahun depan dapat hidup lebih baik dan lebih bermanfaat bagi masyarakat lainnya. Tulude dijadikan ajang menata kembali kehidupan setiap anggota masyarakat untuk lebih baik dan lebih berguna dalam segala bidang, ujarnya
Dia juga mengatakan, “Melaksanakan Tulude di Boltim memiliki makna tersendiri, selain menjaga tradisi dan keberagaman, juga menjadi sarana pertemuan budaya nusa utara di Boltim, ” tutup Tempone.
Sementara itu, Bupati Boltim,Sehan Landjar SH dalam sambutanya, menyatakan bangga atas upacara Tulude yang digelar masyarakat Boltim berasal dari Nusa Utara. Kata dia, bagaimanapun adat Tulude salah satu kekayaan budaya di Boltim.
Turut hadir dalam pesta Tulude ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. H. Muhamad Assagaf, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas dan Kepala Badan serta PNS dilingkup Pemkab Boltim. Juga, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kotamobagu, Kapolsek Urban Kotabunan, Dandim, dan lainnya.(Adv/Hms)