Peringati 4 Tahun Kepemimpinan, Bupati Bolsel Paparkan Berbagai Capaian Prestasi

0
21

ADVERTORIAL

Pemerintah Kabupaten Bolsel Selasa (18/02/2020) tadi, menggelar Peringatan 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Hi. Iskandar Kamaru, SPt dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid yang dirangkaikan dengan Apel Korpri bertempat di Lapangan Apel Kompleks Perkantoran Panango.

Dalam sambutannya, Bupati H. Iskandar Kamaru SPt mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua jajaran pemerintah, pimpinan dan anggota DPRD, serta seluruh masyarakat Kab. Bolsel atas bantuan dan dukungannya sehingga proses penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan baik selama 4 tahun terakhir.

Diakui Bupati, walaupun masih banyak kekurangan namun tak bisa dipungkiri Pemkab Bolsel telah mendapat berbagai pengakuan yang cukup membanggakan diantaranya, Opini WTP dari BPK-RI selama 5 tahun berturut-turut. “Ini sekaligus membuktikan bahwa akuntabilitas keuangan Pemkab Bolsel dari tahun ke tahun semakin membaik,” ucapnya.

Tak hanya itu, Kabupaten juga dinobatkan penyenggara pemerintahan terbaik di Provinsi Sulut dengan kategori nilai Sangat Tinggi, pada Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dari tahun 2016 hingga 2018, serta mendapatkan nilai B, untuk Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) yang mana ini merupakan nilai yang sangat tinggi bagi kabupaten pemekaran.

Selain capaian prestasi diatas kata Bupati, Pemkab Bolsel juga menerima sejumlah penghargaan yang berimlikasi pada capaian capaian positif yang diantaranya, Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bolsel selang tahun 2016-2018 mengalami peningkatan setiap tahunnya, dengan capaian angka 0,35%.

Begitu pula dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menunjukkan tren positif di angka 64,49% pada tahun 2018. Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Bolsel turun sebesar 0,56% sehingga menjadi 13,60% pada tahun 2018.

Begitu pula dengan tingkat pengangguran berhasil ditekan ke angka 4,54% di tahun 2018 dan mengalami penurunan 1,8% dibanding tahun 2017.

“Hal ini merupakan upaya dalam mewujudkan program Nawacita Presiden RI dan visi Gubernur Sulut dalam program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) sehingga Pemkab Bolsel dengan dukungan pemerintah desa telah berhasil membangun 217 unit RTLH dan 1201 unit jamban umum/MCK selang tahun 2017-2019,” terangnya.

Diketahui, peringatan 4 tahun kepemimpinan ini dimeriahkan dan dirangkaikan dengan Doa bersama lintas agama, Pencanangan Pekan Panutan Pajak dari KPP Pratama, Penandatanganan berita acara rekonsiliasi pajak antara Pemkab Bolsel, KPPN dan KPP Pratama Kotamobagu, Launching aplikasi e-SPTPD, Penyerahan SPPDT dan DHK PBB tahun 2020 dan Launching Pelayanan Kerjasama Government Mobile.

Selain itu, Pemkab Bolsel juga melakukan Penandatanganan MoU dengan STITEK dan STIA Bina Taruna Gorontalo di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam menunjang kualitas sumber daya ASN, Penyerahan SP2D Dana Desa dan ADD tahap 1 Tahun 2020, Pelayanan Kesehatan Gratis dan Tausiyah agama oleh Ustadz Yusuf Dani Pontoh MHI.

Turut hadir dalam peringatan tersebut, Wabup Deddy Abdul Hamid, perwakilan KPPN dan KPP Pratama, perwakilan Jasa Raharja, unsur Forkopimda, kepala perangkat daerah, Sangadi, ASN, dan tamu undangan lainnya.

Berikut sejumlah penghargaan yang diraih Iskandar-Deddy dalam 4 Tahun Kepemimpinan :

  • Penghargaan di Bidang Agama dan Pendidikan Keagamaan dari Menteri Agama RI tahun 2020,
  • Penghargaan atas kepatuhan dalam implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi aparatur desa dari BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2019.
  • Penghargaan bidang KB, Manggala Karya Kencana Tahun 2019,
  • Penghargaan nasional Kabupaten Sehat, Swastisaba Padapa tahun 2019,
  • Penghargaan Pemda Inovatif bidang Lingkungan Hidup tahun 2019,
  • Penghargaan Ketahanan Pangan 2019 dari Kementerian Pertanian Tahun 2019.
  • Peringkat 1 se-Prov. Sulut dalam hal pengelola KB pria tahun 2019
  • Penghargaan atas instansi yg menggunakan metode CAT dalam seleksi CPNSD dari BKN tahun 2018.
  • Penerima bantuan anggaran PIID PEL sebesar Rp. 1,5 M dari Kementerian Desa untuk pengembangan ekowisata.
  • Daerah tercepat di Prov. Sulut dalam hal penyaluran dana desa dan ADD tahap 1 tahun 2020.

(ADVE/Tio)