Yasti Pimpin Seluruh OPD Bolmong Tanam Bunga di Median Jalan Ibu Kota Lolak

0
62
Yasti Saat Memimpin Penanaman Bunga di Median Jalan Pusat Kota Lolak oleh OPD Bolmong. (Foto: Indra S. S. Ketangrejo)

ADVETORIAL

BOLMONG,DETOTBUAN.COM—  Jalur dua yang berada di pusat pemerintahan Bolaang Mongondow (Bolmong) ditanami bunga. Ini untuk mempercantik Kecamatan Lolak, yang merupakan Ibu Kota Bolmong.

Penanaman bunga itu, dipimpin langsung oleh Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Jumat (14/02/2020). Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, mendapat bagian masing-masing 50 meter untuk ditanami bunga. Sementara, OPD besar lainya mendapat bagian 200 meter sampai 300 meter.

Pantaun Detotabuan.com, jenis bunga yang ditanam itu yakni bunga Bougenville dengan berbagai warna. Proses penanamannyapun harus serasi, misalnya; dalam 15 meter berwarna putih, tidak boleh dicampur dengan warna lainnya, harus putih semua, begitu juga dengan 15 meter milik OPD lainnya, jika ditanami warna merah harus merah semua.

Selain bunga jenis Bougenville, rumput gajah pun ditanam. Rumput jenis ini memiliki karakter unik. Pertumbuhannya menyamping dan tidak tumbuh tinggi seragam dan berwarna hijau pekat sehingga sangat cocok ditanam di taman.

Menurut Yasti sangat dibutuhkan kesadaran akan pentingnya lahan hijau, hutan kota, atau taman kota. Menurutnya hal ini merupakan fenomena di banyak daerah. Katanya, selain jenis Bunga Bougenville dengan jenis warna warni yang ditanam, ada juga jenis Bunga Tabebuya yang disiapkan. “Bunga Tabebuya sangat cocok untuk cuaca di Lolak, karena tahan panas, bunga itu berasal dari Brasil,” kata Yasti.

Untuk bunga Tabebuya menurut Yasti sudah siap, tinggal ditanam, namun untuk proses penanamannya harus di bor, karena harus tembus di aspal.

“Tinggal tunggu waktunya akan segera ditanam, untuk proses penanamannyapun satu pohon memakan waktu sekira 48 menit.  Kita juga akan tanam dengan jarang setiap 30 meter,” jelasnya.

Seperti diketahui, Tabebuya kuning atau pohon terompet emas adalah sejenis tanaman yang berasal dari negara Brasil dan termasuk jenis pohon besar. Bahkan, seringkali tanaman ini dikira sebagai tanaman Sakura oleh kebanyakan orang, karena bila berbunga bentuknya mirip seperti bunga sakura.

Pohon Tabebuya memiliki kelebihan di antaranya daunnya tidak mudah rontok, disaat musim berbunga maka bunganya terlihat sangat indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berbatang keras.

Tanaman Tabebuya memiliki bunga yang berbeda-beda warna. Ada warna kuning dan berbentuk terompet, ada juga yang berwarna pink, ungu, bahkan merah tua.

Habitat asli Tabebuya di Brasil berada di daerah dengan iklim kering dan tanaman ini sangat cocok ditanam di daerah lolak, sehingga tanaman ini memiliki ketahanan hidup yang tinggi dalam cuaca kering.

Hal ini sangat sesuai karena tanaman penghijauan umumnya dihadapkan pada kurangnya penyiraman disaat musim kemarau. Pohon ini adalah pohon hias populer yang dapat tumbuh di berbagai jenis tanah di daerah subtropis dan tropis.

Tabebuya sendiri adalah pohon dengan pemeliharaan rendah, dimana pemangkasan dibutuhkan hanya untuk menghilangkan tangkai yang mati atau rusak. Jarang ada hama atau penyakit yang mengganggu tanaman

“Tabebuya ini adalah pohon hias populer yang dapat tumbuh di berbagai jenis tanah di daerah subtropis dan tropis. Tabebuya adalah pohon dengan pemeliharaan rendah, dimana pemangkasan dibutuhkan hanya untuk menghilangkan tangkai yang mati atau rusak. Jarang ada hama atau penyakit yang mengganggu tanaman ini. (Ind/Adve)