Yasti Salurkan Bantuan Tahap Dua Bagi Warga Terdampak Covid-19 di Kecamatan Poigar, Bolaang Timur dan Bolaang

0
42
Bupati Menyalurkan Bantuan di Tiga Kecamatan di Bolmong (Foto: Istimewa)

ADVETORIAL

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Penyaluran bantuan pangan dan sembako tahap dua oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) untuk masyarakat terdampak corona virus disease 2019 (Covid-19) terus berlangsung.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow sejak pagi, Jumat (05/06/2020), turun lansung menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis di Tiga Kecamatan yakni di Kecamatan Poigar, Bolaang Timur dan Bolaang.

Dalam kesempatan tersebut Bupati turut didampingi Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Asisten I Deker Rompas, Asisten II Zainudin Paputungan, Kepala Dinsos Abdul Haris Bambela, Kepala DKP I Nyoman Sukra dan Kadis Kesehatan Erman Paputungan.

Dalam sambutanya, bupati menyampaikan, berbagai bantuan ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Bolmong, dalam menjaga ketahanan pangan guna menghadapi pandemi covid-19 yang hingga saat ini meresahkan seluruh dunia.

Bahkan kata dia, bantuan dari Pemkab Bolmong satu-satunya terbesar di Sulut dan dianggarkan selama Sembilan Bulan. “Saya para jajaran dan Anggota DPRD telah membahas untuk menyiapkan bantuan sembilan bulan dan terbesar. Kalau di Kabupaten/Kota lain itu hanya sampai tiga bulan. Sementara untuk penerima di Bolmong sendiri ada 8.370 kepala keluarga penerima,” kata Yasti.

Dia menambahkan, bantuan ini juga disalurkan Pemkab supaya masyarakat yang terdampak covid-19 tidak ada yang kelaparan. “Untuk itu kepada masyarakat penerima diharapkan agar memanfaatkan bantuan ini dengan baik. Selain itu, untuk Bulan Juni ini kita Dua kali menyalurkan. Kemungkinan pekan ketiga bulan ini saya kembali menyalurkan kepada masyarakat,” tuturnya.

Selain bantuan sembako, pemkab juga menyalurkan bantuan masker bagi masyarakat. Ia mengatakan pihaknya telah mencetak 325 ribu masker yang akan dibagikan kepada seluruh masyarakat Bolmong. Satu orang itu mendapatkan dua buah masker kain.

“Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey juga akan membantu memberikan masker. maka dari itu, saya berharap masyarakat selalu mengikuti anjuran pemerintah, seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sekadar diketahui, berdasarkan data Pemkab Bolmong yang ada di Dinas Ketahanan Pangan, jumlah penerima bahan pokok yang ada di tiga kecamatan ini berjumlah 1.714 KK.

Terdiri dari Kecamatan Poigar berjumlah penerima bantuan bahan pokok dalam bentuk natura 683 kepala keluarga, Kecamatan Bolaang berjumlah 726 kepala keluarga, dan Kecamatan Bolaang Timur berjumlah 305 kepala keluarga.

Sedangkan jumlah penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp. 600.000 dari Kementrian Sosial berjumlah 2.039 penerima. Terdiri dari Kecamatan Poigar berjumlah 844, Kecamatan Bolaang 673, dan Kecamatan Bolaang Timur 522 penerima.

Selain itu juga masyarakat sejumlah kepala keluarga mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (Dandes) sebesar Rp. 600.000. (Ind/Adve)