Bansos Tahap III untuk Terdampak Pandemi Covid-19 Segera Disalurkan

0
23
Bantuan Pemkab Bolmong untuk Warga Terdampak Covid-19. (Foto: Indra S. S. Ketangrejo)

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Bantuan Sosial (Bansos) tahap III untuk sebanyak 8.370 Kepala Keluarga (KK) terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) segera disalurkan.

“Rencananya pekan ini segera disalurkan untuk bantuan tahap III,” kata Kepala DKP Bolmong I Nyoman Sukra, Selasa, (30/06/2020).

Menurutnya, untuk di DKP yang mengurus beras untuk dibagikan sejauh ini persiapannya sudah rampung. “Beras sudah cukup dan juga sudah di periksa oleh Tim APIP, ” tururnya.

Ditambahkan, sebagian beras sudah disalurkan di beberapa kecamatan, hal itu dilakukan guna mempermudah penyaluran jika sudah ada jadwal. “Sudah lima Kecamatan yang kami salurkan, yakni Kecamatan Poigar, Kecamatan Bolaang Timur, Kecamatan Bolaang, Kecamatan Lolak dan Kecamatan Sang Tombolang. Kalau tidak ada kendala teknis, penyalurannya akan dimulai minggu ini,” jelasnya.

Dia pun memastikan, saat ini belum ada perubahan penerima bantuan paket sembako. “Belum ada pengurangan atau ketambahan, total penerimanya masih tetap 8.370 KK,” katanya.

Senada disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Abdul Haris Bambela, untuk bantuan berupa sembako yang diadakan melalui Dinsos yang dianggarkan setiap KK menerima bantuan selama sembilan bulan. “Sementara kami siapkan. Dalam waktu dekat ini akan disalurkan kepada masyarakat,” kata Bambela.

Penyaluran bantuan yang akan dilakukan saat ini merupakan tahap ketiga. “Sebelumnya kita merencanakan penyaluran di bulan juni ini dua kali. Namun kemarin sedikit mengalami kendala dan untuk penyaluran kali ini harus benar-benar diteliti dengan baik,” imbuhnya.

Selain itu, terkait dengan data penerimannya, Bambela menyebut, data yang ada sejauh ini tidak ada masalah. “Kecuali tiba-tiba mengalami perubahan karena orangnya sudah meninggal dunia atau pindah kependudukan. Kita tetap mengecek data di tiap desa,” tutupnya. (Ind)