Peringati Nujulul Qur’an ke 1440 Hijriah 2019 Masehi, Pemkab Buka Puasa Bersama

0
110

ADVETORIAL

BOLMONG,DETOTABUAN.COM–Pemperingati Nujulul Qur’an ke 1440 Hijriah 2019 Masehi, malam ke 17 Ramadhan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, melaksanakan buka puasa bersama dengan Pemerintah Kecamatan Lolayan dan  warga desa Bakan, di Masjid  Ar-Rahman Rabu (22/5).

Camat Lolayan Faisal Marthen Manoppo dalam laporannya menyampaikan,  terimakasih atas kedatangan Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow, yang diwakili Asisten III Drs Ashari Sugeha.

“Kecamatan Lolayan dalam keadaan aman dan tak terpengaruh adanya aksi pasca pemilu di pusat sana. Itu wajib saya laporkan saat ini,” kata Faisal, dalam laporannya.

Ia mengucapkan terimakasih kepada para Kepala Desaa (Sangadi) se kecamatan Lolayan, terutama kepada pemerintah desa Bakan dan warga Bakan,  karena telah membantu menyiapkan hidangan buka puasa bersama baik secara moral,  materi dan fisik. “Mengucapkan banyak terimakasih atas bantuannya,” ucapnya.

Tak hanya itu,  Faisal juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran Jamaah Desa Bakan ditempat ini. “Semoga momentum peringatan Nujulul Qur’an ini,  akan lebih meningkatkan keimanan kita kepada Allah Swt. Dan semakin rajin membaca Alqur’an,” harapnya.

Dalam Ceramah Ketua MUI Kabupaten Bolmong  Hi Sulaiman Amba, menuturkan, kenapa Nujulul Qur’an diperingati pada bulan Ramadhan,  dikarenakan Alqur’an diturunkan pada malam 17 Ramadhan.

“Bulan Ramadan pula diperintahkan oleh Allah SWT untuk melaksanakan Puasa.  Sehingga Bulan Ramadan ini merupakan bulan yang paling mulia bagi umat Muslim dalam melaksanakan ibadah,” kata Amba,  dalam ceramahnya.

Dirinya mengajak, kepada seluruh jamaah yang hadir pada saat ini untuk kiranya rajin membaca Alqur’an karena barang siapa yang rajin membaca maka sudah pasti menguasai dunia. “Dalam memilih pemimpin yang baik diatur juga dalam Alqur’an,  sehingga Alqur’an ini menjadi dasar dan pedoman hidup baik di dunia maupun diakhirat,” ajak Amba.

Sambil menambahkan, dalam Alqur’an pula kita tidak ada rasa bosan untuk membaca ayat suci Qur’an. “Ini menandakan adanya ke Istimewaan yang paripurna dalam kitab suci Alqur’an,” katanya.

Sementara itu, mewakili Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, Asisten III Biadang Administrasi Umum, Keuangan dan Kepegawaian Ashari Sugeha menyampaikan, hikmah Nuzul Qur’an marilah kita tingkatkan minat baca dan pengamalan Al-Qur’an guna menetapkan keimanan dan ketaqwaan dalam mewujudkan generasi qurani.

Dalam momen itu, Ashari mengajak warga yang muslim untuk membaca dan lebih memahami isi dan kandungan Al-Quran. “Mari kita terus membaca Al-Quran dan mengamalkannya. Karena Al-Qur’an adalah pedoman hidup manusia dalam berbagai aspek kehidupan,” ungkap Ashari.

Al-Qur’an kata dia, memberi tuntunan kepada manusia dalam berhubungan dengan sesamanya, juga memberikan dasar tentang ilmu pengetahuan, ilmu kesehatan, politik dan yang lain-lain.  Tafsir dari hadist Rasulullah Muhammad SAW mengatakan, jika umat ku ingin menguasai dunia harus dengan membaca, jika ada umat ku ingin menguasai akhirat dengan membaca.

“Dan bagi umat ku yang ingin menguasai dunia dan akhirat juga dengan membaca. Karena membaca adalah sumber pengetahuan. Malam 17 Ramadhan, Al-Quran diturunkan, tentunya kita semua meyakini Al-Qur’an adalah petunjuk hidup, petunjuk bagi orang yang beriman,” ujarnya.

Sekdar dijetahui, dalam peringatan Nuzulul Qur’an tersebut, ketua MUI Bolmong, Ustazd Hi Sulaiman Amba menyampaikan ceramah hikmah Nuzulul Qr-an, serta turut dihadiri, Kepala SKPD, Forkopimda, Kepala Kemenag Bolmong, Tavip Pakaya, Camat, Sangadi serta masyarakat. (Ind/Adve)