Pj Bupati Diundang Secara Adat di Kediamannya

0
442
Tokoh adat dan Pemerintah Bolmong, mengundang Pj Bupati Bolmong bersama istri di kediamannya, di Bumi Beringin, Manado, Senin (25/7) siang tadi. (Foto : Tribunmanado.com)
BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Pemerintah kabupaten Bolmong memastikan, Selasa (27/7) besok, pihaknya akan menggelar penjemputan secara adat, kepada Pj Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung bersama Istri yang akan digelar di Ibukota kabupaten, tepatnya di kantor Bupati Bolmong, Lolak.
Untuk memastikan hal itu, Selasa (25/7) siang tadi, Hairun Mokoginta selaku perwakilan tokoh adat Bolmong didampingi unsure pemerintah, bertolak ke manado untuk menyampaikan undangan ke Pj Bupati bersama istri dikediamanya yang terletak di Bumi beringin, Manado.
Hairun mengatakan, tradisi mengundang seorang raja/pemimpin dengan menggunakan bahasa daerah, sudah menjadi adat masyarakat Bolmong sejak ratusan tahun yang lalu.

“Tradisi ini telah dilakukan secara turun-temuran sejak jaman kerajaan di Bolmong, hal ini dimaksudkan, agar kedatangan Pj Bupati di Bolmong tidak ada hambatan,” ujar Hairun.

Lanjut Hairun, tradisi ini merupakan bentuk penghormatan warga kepada Pj Bupati. karena ketika Watung menjadi Pj Bupati maka secara otomatis, ada 3 hal yang melekat kepada dirinya yaitu sebagai pemangku adat tertinggi, sebagai kepala pemerintahan tertinggi dan sebagai pelaksana atau pemimpin ritual keagamaan.

“Dengan dilakukannya tradisi seperti ini, diharapkan mulai kedatangan hingga akhir pemerintahan Pj Bupati, tanpa ada hambatan,” terang Hairun.

Terkait hal itu, Pj Bupati Bolmong, Adrianus Nixon Watung menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi kepada para tokoh adat, masyarakat yang telah menerimanya sebagai Bupati sekaligus pemangku adat tertinggi di Kabupaten Bolmong.

“Saya bersama Istri menerima undangan dari para tokoh adat dan pemkab, untuk menghadiri acara adat. saya pasti mengikuti adat Bolmong,” jelasnya.

Diketahui, Selain Hairun dan Dondo Mokoginta turut hadir dalam rombongan pengundang diantaranya, Asisten III pemkab Bolmong Ulfa Paputungan, Kabag Keuangan Paulin Pupuling, Kabag TUP Teguh Krisjati, dan Kadis PU Norma Makalalag.
(Tr-02)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.