Demo LSM dan GM 351 Disambut Baik Kepala DLH Bolmut

0
106

BOLMUT,DETOTABUAN.COM – Aksi demonstrasi Lembaga Swadaya masyarakat (LSM )dan Gerakan Mahasiswa (GM) 351 terkait penolakan Hutan tanam industri di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), di sambut baik kepala Dinas Lingkungn Hidup (DLH), Kamis (09/2/2023) tadi.

Aksi Demo yang dilakukan di depan Kantor DLH ini, terkait penolakan pembukaan kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) yang akan dilakukan dua perusahaan yaitu PT. Hutan Cipta bersama dan PT. Global Tanam Lestari di Kabupaten Bolmut.

“Aksi kami pada hari ini mengingat dampak negatif hutan yang akan di kelola pihak perusahan tersebut, karena nantinya membuat daerah Bolmut akan semakin buruk,” ujar Koordinator Aksi Jul Tamera.

Ia juga meminta kepada masyarakat, agar sama sama sadar akan pentingnya hutan untuk kehidupan kita dan kestabilan alam.

Kepala DLH Bolmut Hidayat Panigoro menyampaikan, terkait beberapa hal yang menyangkut kegiatan HTI di Bolmut ini, baru merupakan permohonan kerangka acuan.

“Ini baru merupakan kerangka acuan, nanti dari kerangka acuan itu baru kiat menentukan daerah mana, wilayah mana dan titik mana yang mendapat izin dari kementrian,”

“Kami baru menerima tim untuk menentukan titik titik mana, jadi titik titik ini baru proses dalam penentuan yang di laksanakan oleh tim ahli AMDAL dalam rangka untuk penyusunan,” sambungnya.

Terkait rencana aktivitas dua perusahaan tersebut, menurut Hidayat DLH Bolmut hanya menerima, karena perizinannya melalui Kementerian dan pemerintah daerah provinsi, sedangkan Pemda Bolmut hanya menerima masuknya perusahan tersebut.

“Saya juga kemarin sudah mengikuti daring untuk meminta kepada HTI dan Kementrian pada pembahasan nanti akan melibatan seluruh masyarakat baik itu dari desa dan LSM untuk hadir, saya juga menolak menggunakan sistem Daring, karena kalau sistem daring kita punya keterbatasan,” jelasnya sembari mengatakan kalau untuk penjelasan teknis belum bisa karrna ini baru tahapan.

Meski demikian, Panigoro sangat bersukur atas kedatangan teman teman LSM, karena ini bagian kontrol dari masyarakat terhadap masa depan hutan Bolmut.

(Ipul)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.