DPU-PR Gelar Sosialisasi IPAL

0
1082

BOROKO,DETOTABUAN.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) gelar sosialisasi Ipantalasi Pengolahan Air Limabah (IPAL) bertempat di RM Lavista Desa Kuala Utara  Kecamatan Kaidipang Senin (20/3).

Kepala DPU-PR Ir Saeroji mengatakan, program IPAL merupakan bantuan Negara Australia dalam bentuk program dengan pekerjaan awal menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bolmut kemudian diverifikasi oleh pusat, berapa jumlah IPAL dan anggarannya akan dikembalikan oleh Pemerintah Australia. “Saat ini sudah ada 109 rencana penyambungan dari rumah warga. Batas akhir pekerjaannya direncanakan hingga April mendatang,” kata Saeroji.

Sekda Bolmut DR Asripan Nani sabelum membuka sosialisasi mengatakan, program IPAL berkaitan dengan persoalan kesehatan dibeberapa daerah soal pola hidup sehat dan perilaku buruk masyarakat yang membuang limbah rumah tangga maupun buang hajat disungai.

“Pengolahan sanitasi yang buruk bakal mengakibatkan gangguan ekonomi bagi masyarakat. Sanitasi yang baik akan menumbuh kembangkan ekonomi. Melalui sosialisasi IPAL diharapkan dapat meningkatkan sanitasi dan praktek hidup bersih terhadap masyarakat,” kata Nani

Dengan program IPAL tidak ada lagi masyarakat membuang limbah rumah tangga dan kloset ke sungai. “Kami berharap, seluruh masyarakat dapat memanfaatkan IPAL semaksismal mungkin dan perlu menjadi perhatian, IPAL mudah membangun namun pemeliharaannya sering diabaikan. Sehingganya, perawatan agar dijaga bersama,” kuncinya (Amor)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.