Ketua PWI Bolmut Ingatkan Wartawan Harus Mundur Jika Jadi Tim Sukses

0
63
Ketua PWI Bolmut Patris Babay Ingatkan Wartawan Harus Mundur Sementara jika Jadi Tim Sukses Pilkada 2024

Detotabuan.com, BOLMUT – Demi Menjaga Netralitas di Pilkada 2024, Wartawan yang Jadi Tim Sukses (Timses) Wajib Mundur Sementara

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Patris Babay, menegaskan bahwa wartawan harus menjaga integritas dan objektivitas dalam meliput peristiwa politik pada Pilkada 2024.

Imbauan ini juga datang dari Ketua PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, dan Ketua PWI Provinsi Sulawesi Utara, Vouke Lontaan, yang menekankan pentingnya netralitas.

Patris meminta agar insan pers yang terlibat dalam kontestasi atau menjadi tim sukses (Timses) di Pilkada harus,mengundurkan diri sementara dari tugas jurnalis.

“Regulasi Dewan Pers menyatakan bahwa wartawan yang ingin menjadi timses tidak dilarang, tapi harus mundur sementara dari tugas sebagai jurnalis,” tegas Patris Babay,Rabu 19/06/24 bertempat di dwi cafe

Ia menjelaskan, pengunduran diri wartawan harus disampaikan kepada perusahaan pers tempat mereka bekerja dan organisasi pers tempat mereka bernaung. Menurutnya, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) wartawan harus independen, terutama jika mereka sudah masuk tim media center calon kepala daerah.

Patris menyatakan bahwa media harus menjaga integritas dan bertindak sesuai dengan kode etik jurnalistik. “Seseorang yang bekerja di perusahaan pers sebagai wartawan harus berpegang teguh pada UU Nomor 4 Tahun 1999 tentang Pers yang mencakup kode etik jurnalistik,” tambahnya.

Sebagai pilar keempat demokrasi, media massa memiliki peran penting dan strategis untuk mengawasi tahapan Pilkada 2024. Patris berharap media massa, KPUD, dan Bawaslu tetap bersinergi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar Pilkada berjalan adil, jujur, sukses, dan berkualitas.

“Keberhasilan Pilkada juga tergantung pada peran media dalam mengawal dan memberitakan informasi kepada masyarakat. Media diharapkan menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi realistis terkait temuan pelanggaran. Dalam Pilkada nanti, pers harus mengawal dan berperan aktif memberikan informasi yang benar kepada masyarakat,” tutup Patris.

(Ipul)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.