KPU Bolsel Gelar Pleno Rekapitulasi DPHP dan Penetapan DPS

0
23

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar rapat pleno terbuka, terkait rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolsel tahun 2020.

Pleno yang dilaksanakan di aula kantor KPU Bolsel, Minggu (13/09/2020) dipimpin langsung oleh Ketua KPU Bolsel Stanly Eskolano Kakunsi.

Ketua KPU Bolsel Stanly Eskolano Kakunsi mengatakan, berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan, ditetapkan jumlah DPS berjumlah 47.238 pemilih. Jumlah itu tersebar di 81 desa di tujuh kecamatan.

“Daftar Pemilih Sementara di Kabupaten Bolsel telah kami tetapkan. Jumlah yang tercatat adalah 47.238 pemilih, yang tersebar di tujuh Kecamatan, 81 desa,” ujarnya.

Lebih lanjut kata dia, jumlah DPS yang telah ditetapkan ini masih ada kemungkinan berubah. Pasalnya, KPU Bolsel hanya akan mengumumkan data tersebut untuk memperoleh tanggapan dan masukan dari masyarakat.

“Data ini masih ada kemungkinan berubah. Karena setelah penetapan DPS, masih ada lagi waktu untuk kita memperbaiki dan kemudian kita tetapkan sebagai pemilih tetap,” terangnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi Perencanaan dan Hirsan Muhammad mengungkapkan, meski dalam pleno, terdapat sedikit saran dan masukan dari Bawaslu maupun Parpol namun rapat pleno berakhir sukses.

“Saran dari Bawaslu dan Parpol, akan menjadi cacatan kami untuk ditindaklanjuti, ini semua demi menghasilkan DPT yang akurat,” kata Hirsan.

Ia memastikan, semua pihak yang bekerja dilapangan, sudah bekerja secara maksimal sesuai peraturan yang ada.

“Prosesnya satu bulan, dan alhamdulillah telah ditetapkan dan diterima. Sejauh ini tidak ada masalah, tapi selama masih ada saran yang masuk kami akan melakukan tindak lanjut dengan perbaikan,” jelasnya.

Berikut Jumlah DPS yang tersebar di 7 Kecamatan se-Kabupaten Bolsel

Bolaang Uki 11.882 Pemilih

Posigadan 9.545 Pemilih

Helumo 4.347 Pemilih

Tomini 3.886 Pemilih

Pinolosian 7.548 Pemilih

Pinolosian Tengah 4.447 Pemilih

Pinolosian Timur 5.533 Pemilih

( Sumber : KPU Bolsel )