Matangkan Kerjasama Dibidang Pariwisata, Kadispar Bolsel Temui Disparprov Gorontalo dan Bone Bolango

0
75

GORONTALO,DETOTBUAN.COM – Janji Gerak Cepat Dinas Pariwisata Bolsel dalam inisiasi menjalin sinergitas dan Kolaborasi rencana Pengembangan Promosi Pariwisata dengan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dan Dinas Pariwisata Kabupaten Bolango, hari ini Kamis (10/03/22) sukses terlaksana.

Dalam Visitasi Sinergitas Promosi Pariwisata Di bawah Komando Asisten II Muh Suja Alamri, S.Pd dan Kadispar Bolsel Wahyudin Kadullah, S.IP ME ini, rombongan Dinas Pariwisata diterima dengan hangat oleh Rifli Katili Kadispar Provinsi Gorontalo dan Muh. Yamin Abbas Kadispar Kabupaten Bone Bolango.

Membuka pertemuan dengan Dispar Provinsi Gorontalo, Muh. Suja Alamri menyampaikan apresiasi yang tinggi atas penyambutan oleh jajaran Disparprov Gorontalo.

Kadispar Bolsel Wahyudin Kadullah saat menemui Kadispar Provinsi Gorontalo Rifli Katili

“Terimakasih sudah ‘membuka tangan’ menerima kunjungan kami. Mewakili pemkab Bolsel, saya berharap sinergitas dan kolaborasi ini, bisa lebih mempererat ikatan emosional Kab Bolsel dan Pemprov Gorontalo,” ungkap Suja.

Ditambahkan, bahwa deretan faktor yang melatarbelakangi pertemuan hari ini, merupakan alasan kuat kenapa Bolsel memilih untuk ‘meminang’ Disparprov Gorontalo dalam kerjasama Promosi Wisatanya.

Wahyudin Kadullah S.IP, Kadispar Kabupaten Bolsel, seperti biasanya tampil percaya diri dalam mempresentasekan item-item, serta rencana strategis Pengembangan Promosi Kepariwisataan Kabupaten Bolsel

“Kami berani kesini, karena kami yakin punya banyak item-item unik pariwisata yang sangat cocok dikolaborasikan dengan program-program pariwisata Prov Gorontalo. Kami bawa Underwater, Konservasi Maleo, dan upcoming national Event, Troi the 5th series,” kata Yuks antusias.

Menambah keyakinan Bolsel akan sinergitas ini, tak lupa Wahyudin Kadullah menambahkan bahwa adanya kesamaan karakter, budaya, dan hulondalo mindset, membuat pihak Bolsel yakin Kerjasama ini akan sukses dan memberi profit yang luar biasa bagi kedua belah pihak.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili terlihat sangat terkesan dan tertarik dengan presentase via PowerPoint oleh Kadispar Bolsel. Bahkan dirinya tak henti-hentinya memuji seluruh objek Daya Tarik Wisata Bolsel, terutama wisata Bahari, mangrove, konservasi, hingga mega event sebelumnya.

“Luar Biasa, kami merasa senang dgn visitasi sinergitas ini. Ternyata banyak skali item pariwisata Bolsel yang linear dan dapat dikolaborasikan dengan program-program pariwisata di provinsi Gorontalo. Konservasi Maleo dan Kawasan Mangrove-nya, mantap,” ujarnya sumringah.

Pihaknya juga berharap, implementasi MICE iven-iven nasional dan juga jumlah kunjungan wisatawan lokal , nasional, serta mancanegara di Gorontalo dan Bolsel dapat meningkat dalam rencana kolaborasi ini.

Selain berbagi program dan rencana strategi pariwisata, Dispar bolsel dan Disparprov Gorontalo juga saling sharing tentang kendala-kendala yang pernah dilalui terkait pelaksanaan KEN di tahun-tahun sebelumnya. Kedua pihak berjanji akan saling menopang untuk dapat bersama-sama memajukan masing-masing sektor pariwisata, agar dapat lebih kompetitif dan diakui oleh dunia.

“Jangan lama-lama ya, setelah lebaran Idul Fitri, hasil pertemuan ini akan kita lanjutkan dalam bentuk PKS atau MoU. Saya tegaskan, BOLSEL Memang LAYAK KAMI DUKUNG,” tutup Rifli.

BONE BOLANGO.

Melanjutkan perjalanan di hari yang sama, Dispar Bolsel juga menyambangi Dispar Bone Bolango terkait rencana partisipasi Bone Bolango dalam pelaksanaan Troi the 5th series, bulan Juli mendatang.

Kadispar Bolsel Wahyudin Kadullah Saat menemui Kadispar Kabupaten Bone Bolango Muh Yamin Abbas

Tidak jauh berbeda dengan penyambutan Disparprov Bolsel, Muh. Yamin Abbas dan jajaran juga hangat menyambut kunjungan Dispar Bolsel. Bertempat di Wisata Pemandian Air Panas Lombongo, Kecamatan Suwawa Tengah, Dispar Bone Bolango menerima rombongan Dispar Bolsel.

Antusiasme Kadispar Bone Bolango Muh Yamin Abbas, terkait rencana ‘peminangan’ partisipasi dalam Troi 5th series di Bolsel.

“Kami punya Bukit Arang, yang waktu tempuhnya 15 menit perjalanan dari Kantor Bupati. Nah Bukit Arang inilah yang nantinya akan kami kolaborasikan dengan pelaksanaan Troi 5th series di Bolsel. Nanti diatur sama-sama aja bagaimana depe teknis pelaksanaan,” kata Yamin dalam sambutannya.

Yamin juga mengutarakan harapannya, agar bersama Dispar Bolsel bisa saling mensupport semua up coming event di Bone Bolango.

“Maju bersama, dan berkembang bersama. Kan torang 1 budaya. Basudara jadi mari saling mendukung. Torang tindaklanjuti secepatnya ya,” tambahnya.

Melihat peluang kerjasama promosi Wisata yang diberikan oleh Dispar Bone Bolango, Yuks merasa Bolsel akan semakin kuat dalam ‘mengigit’ sektor Pariwisata.

“Kan enak ya, kalau saling support bgini. Salut saya untuk Kadispar. Kami diterima ramah. Disuguhi makan siang. Dan diberikan peluang besar untuk bersinergi dan kolaborasi,” kata Yuks bersemangat.

Ilomata River Camp, Wisata Diving Olele, Loalao River Kuning, adalah beberapa Objek Daya Tarik Wisata andalan milik Bone Bolango yang nantinya akang di follow up bersama Dispar Bolsel untui rencana kerjasama promosi wisatanya.

Turut Hadir dalam rombongan ini, Photograper Kelas Internasional, AyubMooduto, Staf Khusus Bidang Pariwisata Bolsel, Sir Reinhart Garrang, serta beberapa personel dari Diskominfo Bolsel.

(**)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.