Mengenal Lebih Dekat Kabag Humas Bolsel, Ahmadi Modeong

0
476

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Siapa yang tak kenal dengan sosok Ahmadi Modeong di lingkup pemerintahan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Menempati posisi strategis sebagai Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemda Bolsel, ternyata Ahmadi mempunyai segudang pengalaman dan karir yang cukup cemerlang.

Sosok Ahmadi, sebenarnya mulai dikenal saat menjadi mahasiswa di Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Saat itu Ahmadi memimpin aksi demo terhadap Bupati Bolmong Hj. Marlina Moha Siahaan, saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pinolosian.

“Ketika memimpin aksi demo waktu itu, saya masih berstatus sebagai mahasiswa di Fakultas Sastra Budaya UNG, dan menjabat sebagai Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM),” kenang Ahmadi.

Menariknya, waktu demo itu terjadi, tiba-tiba muncul seorang pria ditengah tengah aksi yang tak lain merupakan Sekretaris Pribadi (Sespri) Bupati Marlina yakni, Herson mayulu atau akrab disapa H2M.

“Entah mengapa, semangat saat itu hilang setelah berdiskusi dengan pak H2M di SDN 1 Pinolosian. Padahal, sebelumnya kami sangat menggebu-gebu untuk melakukan aksi demo berkaitan dengan pemerataan pembangunan, saat bolmong belum dimekarkan,” kenang Ahmadi.

Dari hasil pertemuan itu terjadi kesepakatan yang tujuanya untuk membangun daerah Bolsel.

“H2M berkata kalian adik-adik saya sebagai penerus di daerah ini, jika menuntut pemerataan pembangunan maka saya adalah bagian dari kalian,” terang Ahmadi menirukan kalimat H2M saat itu.

Menurut Ahmadi, waktu itu, H2M berjanji akan berjuang bersama-sama dan mengedepankan aspirasi yang mereka sampaikan lewat aksi demo. H2M berhasil meyakinkan bahwa tuntutan mereka akan terwujud dalam waktu dekat.

Moment tersebut menjadi pertemuan pertama Ahmadi dan H2M, setelah itu pertemuan kedua terjadi setelah selesai wisuda pada tahun 2005.

Ahmadi pun tidak pernah bermimpi jika karirnya akan melonjak seperti saat ini, sebab keberangkatanya saat itu ke Kabupaten Bone Bolango tidak lain hanya untuk menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Bahkan belum lama menjadi seorang guru, Ahmadi langsung diangkat menjadi kepala seksi di kantor Kecamatan.

Melihat prestasi Ahmadi yang cukup bagus, Bupati Bone Bolango Ismet Mile menghubungi Sekertaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk mengangkat Ahmadi sebagai Asisten Pribadi (Sespri) Bupati.

Tak langsung diterima, saat itu Ahmadi mencoba meminta saran dari Herson Mayulu yang sudah menjabat sebagai ketua komisi C di DPRD Bolmong.

H2M sebagai senior, menyampaikan banyak orang yang berkeinginan menjadi asisten pribadi, sebab itu Ahmadi harus menerima dan melaksanakan amanah yang diberikan.

“Melalui pesan singkat, H2M mengatakan ini bukan soal sespri tapi kepercayaan yang diberikan,” ungkapnya.

Seiring waktu berjalan, pada tahun 2010 H2M terpilih sebagai Bupati Bolsel pertama, Selesai dilantik pada tanggal 16 desember 2010. Ahmadi dihubungi oleh H2M untuk kembali ke kampung halamannya di bolsel.

Ajakan H2M ini dipertimbangkan dengan matang oleh Ahmadi, Mengingat masih banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan di Bone Bolango.

Setelah mempertimbangkan tawaran tersebut akhirnya ia memilih untuk pulang ke kampung halamannya.

Belum lama berada berada di Bolsel, kabar  baik datang kepada dirinya, dimana pada tanggal 28 desember 2010, tepat pukul 14.30 dirinya akan dilantik sebagai Kabag Humas dan Protokoler Setda Bolsel.

“Saya langsung menyampaikan kepada Pak Herson saat itu, bahwa pangkat saya baru III B, tapi pak H2M mengatakan ini adalah komitmennya,” ungkapnya.

Hanya berselang 6 bulan, Ahmadi kembali ditunjuk sebagai Kabag TUP yang menggantikan Muksan Kunsi yang diangkat menjadi Camat.

Kemudian pada tahun 2014, H2M kembali mempercayakan menempati posisi Kabag Humas dengan golongan pangkat IIIc. Mengingat belum ada yang mampu menyaingi kemampuannya diposisi tersebut.

Setelah masa Pilkada tahun 2015 berakhir, dan H2M Bersinar (Bersama Kamaru) terpilih, oleh H2M, dirinya dipercayakan menempati posisi yang sama dengan pangkat golongan IIId.

“Beliau banyak memberikan motivasi dan semangat dalam bekerja. H2M adalah orang yang berkomitmen, memiliki karismatik, tegas, taat hukum, serta berjiwa sosial yang tinggi,” kata Ahmadi

Selain sebagai seorang pemimpin, Ahmadi meyakini, bahwa H2M adalah guru spiritual yang baik. Dimana setiap kali ada pertemuan baik dengan ASN maupun masyarakat, dirinya mengingatkan akan pentingnya ibadah.

“Bupati H2M mengatakan, jabatan hanya titipan Tuhan, semua akan ditinggalkan pada saat kembali ke RumahNya,”

Ahmadi mengaku banyak belajar dari seorang H2M dan Kamaru. Di mana selalu mementingkan disiplin pegawai, loyalitas, dan keprofesionalan dalam bekerja.

“Inilah indikator utama setiap pejabat saat menduduki jabatan,”kata Ahmadi.

Kata dia, kiprah politik, pengambilan keputusan bagi lawan – lawan Politik yang dilakukan oleh H2M telah menjangkiti dirinya.

“Saya bukan tipe orang pendendam, saya adalah pengingat,” ungkap Modeong.

Selain itu hal unik yang wajib ditiru dari Bupati adalah tidak mau mendengar laporan diatas meja, tetapi langsung mengecek dilapangan.

Seperti pengecekan absensi kehadiran ASN dan pegawai honorer, baik di lingkungan SKPD, Kecamatan, Desa, Sekolah dan lain sebagainya.

Saat ini kata dia, Prestasi Humas yang dipimpinnya adalah terbentuknya Badan Koordinasi Kehumasan di masing – masing SKPD, Kecamatan, dan Desa.

Semua dilakukan agar informasi daerah pemerintah daerah tersampaikan ke publik.

Kemudian terbangunnya solidaritas di kalangan biro Bolsel, sehingga semua satu komando.

“Pelayanan kehumasan cepat dan tepat. Terbentuknya Pejabat Pengolah Informasi Dokumentasi (PPID). Pemberitaan satu pintu memalui Humas,” tutup Ahmadi.

Berikut Profil Kabag Humas Ahmadi Modeong :

Nama : Ahmadi Modeong, S.Pd
Tempat Tanggal Lahir : Pinolosian 23 April 1979

Riwayat Pendidikan :

  • SDN 1 Pinolosian lulus tahun 1992
  • SMP Pinolosian, lulus tahun 1995
  • SMA Negeri I Limboto, lulus tahun 1998
  • STKIP Gorontalo (Universitas Negeri Gorontalo) selesai studi tahun 2005.

Karir organisasi semasa kuliah :

  • Ketua Rayon PMII, Ketua Komisariat PMII
  • Ketua Cabang PMII Provinsi Gorontalo
  • Ketua Wilayah Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) Provinsi Gorontalo
  • Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Sastra Budaya UNG
  • Ketua Gerakan Pemuda Ansor Cabang Kota Gorontalo
  • Wakil Ketua GP Ansor Provinsi Gorontalo
  • Wakil Ketua I DPD II KNPI Kota Gorontalo
  • Wakil Ketua DPD I KNPI Provinsi Gorontalo
  • Pendiri LSM Insan Madani Provinsi Gorontalo
  • Pendiri sekaligus direktur Eksekutif Pusat Studi -Pendidikan Anak Bangsa Provinsi Gorontalo
  • Pendiri Kerukunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow Selatan (KPMIBMS).

Karir sebagai ASN :

  • Diangkat menjadi ASN pada tahun 2006 dengan pangkat golongan IIIa di Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo
  • Penempatan tugas pertama sebagai guru SMP 8 Satu Atap Bone Pantai (SABP) dengan jurusan Bahasa Inggris.
  • Diangkat menjadi Kepala Seksi Pemerintahan Kantor Camat Kabilaa tahun 2007
  • Menjadi Asisten Pribadi Bupati Bone Bolango tahun 2007
  • Diangkat menjadi Kasubag Protokoler,
  • Kasubag Peliputan Pemberitaan Humas Bone Bolango ditahun yang sama.
  • Menjabat Kepala Seksi Sandi dan Telekomunikasi pada Badan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bone Bolango.
  • Menjadi Kepala Seksi pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik di Kabupaten Bone Bolango tahun 2009
  • Menjabat Kepala Seksi Perencanaan Program pada Komisi pemilihan Umum Daerah KPUD Bone Bolango tahun 2010
  • Kemudian menjabat Kepala Seksi Diklat Fungsional pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bone Bolango.
  • Kabag TUP Setda Bolsel.
  • Kabag Humas dan Protokoler setda bolsel sampai saat ini.

(Utha)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.