Tinjau Pembangunan P3TGAI di Desa Biniha Selatan, Herson : Semoga Mampu Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

0
23

BOLSEL,DETOTABUAN – Anggota Komisi V DPR RI, H. Herson Mayulu, SIP bersama Kepala Balai Sungai Sulawesi, Ir. Bastari, M. Eng, meninjau langsung pelaksanaan pembangunan P3TGAI di desa Biniha Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sabtu (14/11/2020) kemarin.

Herson mengatakan, Keberadaan Program P3TGAI (Program Peningkatan Tata Guna Air Irigasi) diperuntukan untuk membantu ekonomi masyarakat. Karena itu pengerjaannya menggunakan model PKT (Padat Karya Tunai).

“Anggaran APBD Kabupaten/Kota jumlahnya tidak terlalu besar, maka terbatas dalam menjawab kebutuhan pembangunan di daerah, oleh sebab itu perlu didukung dengan bantuan-bantuan dari Pemerintah Pusat dan pemerintah propinsi, seperti halnya program P3TGAI ini,” sebut Ketua Kelompok Fraksi PDIP di Komisi V DPR RI itu.

Tahun 2021 kata Herson, ada beberapa program lagi yang akan masuk ke Bolsel, seperti di Kecamatan Helumo akan masuk anggaran 9 Miliar lebih yang dialokasikan Kementerian PUPR untuk pembangunan Tanggul Penahan Ombak di desa Bakida.

Selain itu, Pemerintah Propinsi dalam hal ini Gubernur Olly Dondokambey telah merencanakan memberikan dukungan dana bagi kelanjutan pembangunan Islamic Center.

“Semua ini merupakan langkah nyata dan keseriusan pemerintah pusat dan pemerintah propinsi dan pemerintah kabupaten Bolaang Mongondow Selatan saat ini, dalam melaksanakan pembangunan demi mensejahterakan masyarakat,” ucap mantan Bupati Bolsel dua peeiode itu.

Sementara itu, Kepala Balai Sungai Sulawesi I, Ir. Bastari, M.Eng dalam sambutan berharap, semoga program P3TGAI ini dapat membantu masyarakat desa Biniha Selatan. “Terutama dari segi peningkatan produksi padi sawah,” kata Bastari.

Usai melakukan peninjauan Program P3TGAI di desa Biniha Selatan, H.Herson Mayulu, SIP dan Kepala Balai Wilayah Sungai, Sulawesi I, Ir. Bastari, M.Eng, melanjutkan peninjauan rehabilitasi pasca banjir sungai Milongada’a dan Sungai Pilolahunga.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Satker P3TGAI Ellen Cumentas, PPK Ronald Parengkuan, Camat Helumo Noldy Tangahu, kepala-kepala desa se kecamatan Helumo dan masyarakat luas. (**)