Ciptakan Kemandirian Masyarakat, Pemkot Siapkan Pelatihan Menjahit

0
14

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM-Pemkot Kotamobagu lewat Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja menyiapkan pelatihan ketrampilan menjahit untuk menekan angka pengagguran diwilayah setempat.

Menurut Kepala Bidang Tenaga Kerja Dispernaker Kotamobagu Idris Amparado,
pelatihan tersebut akan dilaksanakan awal 2020 mendatang. “InsyaAllah jika tidak ada aral melintang kegiatan pelatihan ini dilakukan triwulan 1 2020,” ucap Idris Senin (16/12).

Idris mengatakan untuk kegiatan ini Disnaker mengalokasikan anggaran kurang lebih 117 juta rupiah, dana tersebut untuk pengganti uang transport dan makan minum peserta selama 1 bulan mengikuti pelatihan.

” Pelatihan ini nantinya akan diikuti sebanyak 25 peserta, yang sudah terdata oleh dinas Tenaga Kerja,” ujar Idris

Idris berharap dengan adanya pelatihan menjahit ini, dapat menciptakan kemandirian serta bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kotamobagu.”  Dengan begitu  perekonomian masyarakat bisa meningkat.” harap Idris

Ia juga menambahkan awalnya Dinas tenaga kerja menyediakan 4 pelatihan ditahun 2020 mendatang diketrampilan service HP, Perbengkelan dan otomotif. ” Namun karena efisiensi anggaran sehingga praktis hanya pelatihan menjahit yang bisa terealisasi, ” tambahnya.

(Ridel)