Dibuka oleh Sekda, Lomba MTQ Tingkat Kabupaten Digelar dengan Menerapkan Protokol Covid-19

0
20

BOLMONG,DETOTABUAN.COM–Sempat tertunda akibat Covid-19, lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) akhirnya dilaksanakan. Kegiatan tersebut berlangsung, Selasa (30/06/20) di MTS Lolak, dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Menurut Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Bolmong Muhtar Bonde, kegiatan ini terlaksana atas kerjasama yang baik dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Bolmong yang di Ketuai anggota DPRD Bolmong Supandri Damogalad. “Yang mendaftar sekitar 96 orang perwakilan dari 15 Kecamatan di Bolmong,” kata Bonde.

Ia menyebut, ada lima cabang yang diperlombakan yakni Tilawatil quran, Hafidz quran 1 juz, 5 juz, 10 juz dan 20 juz, Khatil quran, Fahmil quran dan Syarhil quran. “Kegiatan lomba MTQ ini, sudah yang ke XXVIII tingkat kabupaten,” ungkap Bonde.

Ditambahkan, kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Bolmong, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang. “Saya berharap dengan lomba ini akan menghasilkan kader-kader Hafidz terbaik di Bolmong, yang akan ikut serta dalam lomba MTQ Tingkat Propinsi dan bahkan di pusat,” harapnya, sembari menambahkan, meski sederhana kegiatannya, panitia, panitera, dan dewan hakim bekerja secara maksimal dan profesional.

Sementara itu, Ketua LPTQ Bolmong Supandri Damogalad mengatakan, kegiatan lomba MTQ ini setiap tahun digelar. “Sebenarnya, lomba MTQ sedianya dilaksanakan lalu, namun kondisi pandemi Covid-19. Sehingga ditunda,” katanya.

Meski saat ini, dalam suasana pandemi Covid-19, lomba MTQ ikuti protokol Kesehatan. “Tetap anjuran pemerintah tetap dijalankan, pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan sebelum dan sesudah baik peserta, panitia dan dewan hakim ketika kegiatan berlangsung,” jelasnya, sambil berharap peserta dapat menampilkan yang terbaik agar para pemenang dapat bersaing ditingkat provinsi bahkan nasional. (Ind)