Hari Batik Nasional, ASN Bolmong Diimbau Kenakan Batik

0
60

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), esok Rabu 2 Oktober, diimbau untuk mengenakan pakaian batik dalam aktivitas kerja.

Ini untuk memperingati hari batik nasional. Juga menindaklanjuti, surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 003.3/9696/SJ tentang pemakaian baju batik dalam rangka hari batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober.

“Seluruh ASN di lingkup Pemkab Bolmong diimbau untuk menggunakan pakaian batik pada, Rabu 2 Oktober 2019 esok,” kata┬áSekretaris BKPP Bolmong Aldy Pudul.

Menurutnya, pemilihan hari batik Nasional pada 2 Oktober itu, berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

“UNESCO memasukkan batik dalam daftar representatif budaya tak benda warisan manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia,” jelasnya.

Diletahui, hari batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

“Pada tanggal 2 Oktober ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik,” ucap Pudul. (Ind)