Juara I Kategori Dames Modern di Fesbudton ke-XV, KKJI KK Berterima Kasih ke Pemkab Bolmong

0
41

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Festival Budaya Jawa-Tondano (Fesbudton) ke- XV, yang berlansung di Desa Kosio, Kecamatan Dumoga Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) telah berakahir Sabtu, (29/02/2020).

Selama tiga hari sejak dibuka resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, mewakili Bupati Bolmong  Yasti Soepredjo Mokoagow, Kamis, (27/02/2020),  Fesbudton itu ramaikan Bolmong.

Salah satu Pengurus Kerukunan Jaton Indonesia (KKJI) Kota Kotamobagu (KK) Kamaludin Zees mengatakan, kegiatan festival tersebut telah berakhir dan kategori Juara 1 Dames Modern dari Kota Kotamobagu (KK).

“Iya, kegiatan festival ini di ikuti oleh peserta dari Indonesia Timur diantaranya dari Ternate, Palu, Gorontalo, Manado, Tondano, Bitung dan lain – lain,” sebut Adin, yang juga Kepala Bank Sulut Cabang Bolmong.

Lanjut Adin, kegiatan festival tersebut ditutup oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bolmong Ulfa Paputungan, mewakili Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow. “Dihadiri pula oleh  Bupati Gorontalo, Sekda  Gorontalo dan SKPD serta Anggota Dewan Gorontalo,”ungkap Adin.

Sementara itu, Ketua Kerukunan Jaton Indonesia (KKJI) Bolaang Mongondow Raya (BMR) Drs Farid Asimin  menyampaikan, rasa terima kasih kepada Pemerintah kabupaten Bolmong sehingga terlaksananya kegiatan Festival Budaya Jaton ini. “Pelaksanaan kegiatan telah dilaksanakan selama tiga hari terhitung 27-29 Februari, yang berakhir Sabtu malam,” kata Farid.

Kegiatan dikuti 1624 dari perwakilan 21 kafila atau kontingen KKJI se-Indonesia bagian Timur yaitu Ternate Palu, Minahasa, Manado, Bitung, dan Bolmong Raya.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan sukses, ini semua berkat dukungan dari Pemkab Bolmong yang dipimpin Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yani Rony Tuuk,” ungkap Farid, yang juga Mantan Sekda Bolmong.

Ditambahkan, penutupan kegiatan  Fesbujaton, di hadiri oleh Bupati Gorontalo, Prof Dr Ir H Nelson Pomalingo  MPD.

“Juara umum di rebut oleh desa Rekso Negoro Kabupaten Gorontalo,  12 cabang yang di pertandingkan KKJI Kotamobagu hanya mengikuti 1 cabang yaitu cabang seni Dames Modern, Alhamdulillah juara 1,” tutupnya. (Ind)