Hutan Kota, Salah Satu Potensi Wisata Alam di Kotamobagu

0
196

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM – Sejumlah potensi wisata di Kotamobagu mulai dikembangkan, salah satunya Hutan Kota Bonawang yang terletak di Kelurahan Pobundayan, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Keindahan alam yang ditunjang dengan banyaknya flora dan fauna disekitar, tampaknya menarik wisatawan lokal maupun luar daerah untuk berkunjung ke tempat ini.

Salah satu penjaga Hutan Kota, S. Alwi, dalam beberapa pekan terakhir terjadi peningkatan jumlah pengunjung baik yang sekedar berfoto foto maupun menikmati keindahan alam yang begitu asri.

“Banyak pengunjung yang datang melihat flora dan fauna atau sekadar berfoto-foto di sini,” ujarnya.

Untuk lebih menarik wisatawan, pihaknya terus melakukan perawatan dan pemeliharaan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar hutan kota.

“Setiap hari ada juga petugas kebersihan yang bertugas memberishkan sampah anorganik juga pelastik-pelastik sisa makanan dan minuman,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Agung Adati mengatakan, selain hutan kota, Kota Kotamobagu juga memiliki banyak potensi wisata alam dan buatan yang tersebar di sejumlah desa dan kelurahan.

“Pemerintah menaruh perhatian serius terhadap pengembangan semua objek wisata, tapi itu dilakukan secara bertahap,” tuturnya, Selasa (15/05/2018).

Meski demikian kata Agung, untuk menjaga potensi wisata itu, diperlukan pemeliharaan bahkan pengembangan sehingga dapat mendatangkan pendapatan bagi masyarakat maupun pemerintah.

“Desa juga bisa mengalokasikan anggaran untuk pengembangannya. Kalau itu terkelola dengan baik, maka bisa mendatangkan PADes (Pendapatan Asli Desa) bagi desa itu sendiri,” pungkasnya. (Tio)