Pemkot Gelar Dialog Kebudayaan

0
434
Pemkot Gelar Dialog Kebudayaan
KOTAMOBAGU, DETOTABUAN.COM – Pemkot Kotamobagu melalui Dishubbudparkominfo gelar dialog kebudayaan, Rabu (21/12) di Restoran Lembah Bening, Kelurahan Sinindian Kecamatan Kotamobagu Timur.
Dialog yang bertemakan ‘Inventarisasi Budaya dan Standarisasi Pakaian Pengantin Dalam Perspektif Adat Bolaang Mongondow’ itu, menghadirkan tiga narasumber. Yaitu, staf ahli bidang Pemerintahan yang juga mantan Sekkot Mustafa Limbalo, pemerhati adat Bolmong Hairun Mokoginta dan penata rias Imma Hamzah.
Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara dalam sambutannya mengatakan, adat daerah sangat penting untuk digali.
“Juga bagaimana seluruh masyarakat paham akan peran adat, agar tidak terpecah belah tentang pemanfaatan adat di daerah kita sendiri,” ucap Tatong.
Hendra Makalalag Sekretaris Dishubbudparkominfo pada kegiatan yang sama menjelaskan, kegiata itu menjadi forum tukar pendapat dalam rangka menyamakan sudut pandang terkait pengembangan nilai-nilai budaya di Kota Kotamobagu.
“Dialog ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi, serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam proses pembangunan kebudayaan. Dan juga menumbuhkembangkan serta melestarikan nilai-nilai budaya daerah,” ujar Hendra. (*)