Pemkot Rencanakan  Tata Ulang Akses Jalan Pasar Genggulang

0
361
Pemkot Kembali Gelar Pasar Murah Jelang Natal
Herman J Aray

KOTAMOBAGU, DETOTABUAN.COM — Pemkot Kotamobagu berencana akan kembali melakukan pembenahan pasar tradisional yang terletak di Kelurahan Genggulang, Kecamatan Kotamobagu Utara.

Pembenahan pasar tersebut, yakni berupa pembuatan jalan akses masuk pasar menjadi dua jalur.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal (Diperindakop-PM), Herman Aray melalui Kepala bidang Perdagangan, Bambang Mardianto, Senin (01/08).

“Saat ini Pemkot, telah  merencanakan Pembuatan akses jalan masuk pasar tersebut, menjadi Dua jalur,” kata Bambang.

Meski demikian, pembuatan jalan akses tersebut, pihkanya harus melakukan pembebasan lahan terlebih dahulu. “Karena, lokasi pembuatan jalan yang direncanakan ini, terdapat lokasi milik warga,” terang Bambang.

Lanjutnya,  di lokasi tersebut, ada sekitar 8 lahan milik warga yang harus di bebaskan. Dan  4 lahan diantaranya sudah terdapat bangunan rumah, sedangkan sisanya lagi, masih tanah kosong.

“Tujuan pembuatan akses jalan ini tentunya, untuk memudahkan para pelaku usaha dalam hal ini pedagang dan masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli,”ucapnya.

Untuk dana pembebasan lahan, pihaknya telah mengusulkan anggaran sebesar Rp 1, 4 Milyar, lewat APBD-P tahun 2016.   Dan sebelumnya sudah ada kesepakatan harga antara warga pemilik lahan dengan Pemkot. “intinya dana yang di usulkan di APBD Perubahan itu, untuk pembebasan lahan,” pungkasnya. (udi)