ODP Covid-19 di Bolmong Tinggal Satu Orang

0
42

BOLMONG,DETOTABUAN.COM Jumlah daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP) Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) turun. Jika sebelumnya berjumlah 29 orang, kini tertinggal satu orang.

Dinas Kesehatan Bolmong merilis jumlah daftar ODP per Sabtu (27/3/2020) pukul 10.00 WITA. Dari rilis yang ditampilkan dalam bentuk peta sebaran, ODP di Bolmong tinggal satu orang di Kecamatan Lolak.

Kepala Dinkes Bolmong Erman Paputungan melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Yusuf Detu mengungkapkan, data tersebut berdasarkan hasil surveilens Dinkes. “Iya, data tersebut belum termasuk orang yang dalam rawat perjalanan (ORP). Kalau ORP 87 orang. Tetapi ke-87 orang tersebut belum menunjukan tanda-tanda sakit atau gejala apapun. Saat ini paramedis, dan RSUD terus mengawasi dan melakukan pemantauan,” ungkapnya.

Untuk ORP berlaku pada orang yang mempunyai riwayat perjalanan ke daerah terjangkit, seperti baru pulang dari kuliah dan liburan dari luar daerah atau luar Negeri dan belum menunjukan gejala sakit apapun selama 14 hari. “Sedangkan, ODP ada gejala demam, atau ada riwayat demam dan gejala gangguan pernapasan, serta mempunyai riwayat perjalanan yang diyakini ada penularan Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Bolmong Tahlis Gallang mengharapkan agar upaya pencegahan Covid-19 dengan penyemprotan disinfektan, sosialisasi social distancing maupun phisical distancing, serta pemeriksaan pendatang tetap harus dilaksanakan di Bolmong. “Insya Allah dengan kerjasama ini, Bolmong bisa akan tetap terjaga dari wabah Covid-19,” tutupnya. (Ind)